Adrianus Taroreh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Adrianus Taroreh (lahir di Pineleng, 3 Agustus 1966 – meninggal di Manado, 5 Februari 2013 pada umur 46 tahun) adalah petinju profesional asal Indonesia yang pernah menjadi juara kelas ringan OPBF. Ia berasal dari Manado, Sulawesi Utara.

Karier Tinju[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 April 1994, Joppy, nama panggilan Adrianus Taroreh, memperoleh kesempatan emas saat menantang petinju Rusia Orzubek Nazarov di Jepang guna merebut sabuk juara kelas ringan WBA yang melilit di pinggang Nazarov. Sayang, impian Joppy dan impian jutaan penggemar tinju Indonesia buyar setelah Joppi dikandaskan KO ronde ke-4 oleh Nazarov.

Sebelum terjun ke tinju profesional, Adrianus Taroreh adalah seorang petinju amatir yang berprestasi, dengan prestasi puncak memperoleh medali perak kelas bulu di Asian Games X tahun 1986 di Seoul, Korea Selatan.

Sebelum mengakhiri kariernya, Joppi memiliki rekor 13 kali bertanding, 12 menang (3 dengan KO) dan 1 kali kalah.

Kehidupan Pasca Tinju[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, Joppi pernah terpilih sebagai seorang lurah Bahu di kota Manado. Selain itu, Joppi tercatat tetap aktif sebagai pembina tinju amatir di kota wisata tersebut.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Joppy meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Manado, pada Selasa 5 Pebruari 2013 di malam hari. Beliau meninggal diakibatkan karena sakit.[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]