Adinuso, Reban, Batang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Adinuso
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Batang
Kecamatan Reban
Kodepos 51273
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Adinuso adalah desa di kecamatan Reban, Batang, Jawa Tengah, Indonesia. Kira-kira 40 km dari Kota Batang dan berada di antara desa-desa yang terkenal dengan pegunungan. Karena sisi selatan dari Adinuso adalah dataran Dieng meski masih cukup jauh.

Kondisi lingkungan masih banyak terdapat persawahan dan perkebunan. Dengan hawa yang cukup dingin pada malam hari membuat orang merasakan suasana pedesaan dengan nuansa pegunungan. Suhu kalau malam hari cukup terasa dingin meskipun tidak sedingin di Puncak - Bogor.

Karena lingkungan persawahan dan perkebunan maka kegiatan sebagai sumber mata pencaharian penduduk asli Desa Adinuso rata-rata bekerja sebagai petani. Terdapat seorang petani teladan pada tahun 1982 dan 1983 untuk tingkat provinsi Jawa Tengah, Bapak H.Poerjadi W. Troenowidjojo. Beliau ini mengembangkan usaha pertaniannya dengan pola diversifikasi pertanian dan perkebunan, yang menjadi acuan bagi petani lain yang berada di wilayah tersebut. Selain petani juga ada penduduk yang menjadi pedagang. Baik pedagang sumber atau hasil bumi atau berdagang yang bersifat home industri.

Pada saat ini banyak pula penduduk Adinuso dengan berbekal kepandaian di bangku formal sampai tingkat kuliah, banyak yang berani mengambil sikap "keluar" dari Adinuso dan berdagang, menjadi pegawai dan pengusaha.

Dari tahun ke tahun Desa Adinuso banyak mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Pembangunan sarana prasarana pun semakin meningkat. Tingkat kesadaran orangtua dalam memberikan pendidikan (menyekolahkan anak-anaknya) pada saat ini menunjukkan grafik yang terus naik. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya gelar sarjana yang disandang oleh putra-putri asli dari Desa Adinuso. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat perekonomian masyarakat Desa Adinuso rata-rata pra sejahtera, namun semangat mereka tetap tinggi untuk menyekolahkan anak-anaknya. Karena tingkat pendidikan masyarakat Desa Adinuso yang cukup tinggi baik di pendidikan formal maupun non formal, maka banyak orang Adinuso yang telah meraih sukses.