Adhesi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Embun melekat ke jaring laba-laba.

Adhesi adalah kecenderungan partikel atau permukaan yang berbeda untuk saling menempel (sementara kohesi mengacu pada kecenderungan partikel/permukaan yang serupa atau identik untuk saling menempel).

Gaya-gaya yang menyebabkan adhesi dan kohesi dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Gaya antarmolekul yang bertanggung jawab atas fungsi berbagai jenis stiker dan selotip termasuk dalam kategori adhesi kimia, adhesi dispersif, dan adhesi difusif. Selain besaran kumulatif gaya antarmolekul ini, ada juga efek mekanis tertentu yang muncul dari kecenderungan partikel ini. Misalnya mekanisme kimia, mekanik, dispersif, elektrostatik, dan difusif.

Kekuatan adhesi antara dua bahan tergantung pada mekanisme apa yang terjadi antara dua bahan, dan luas permukaan tempat kedua bahan tersebut bersentuhan. Bahan yang saling membasahi cenderung memiliki area kontak yang lebih besar daripada yang tidak. Pembasahan tergantung pada energi permukaan bahan.

Bahan berenergi permukaan rendah seperti polietilen, polipropilen, politetrafluoroetilena dan polioksimetilena sulit untuk merekat tanpa persiapan permukaan khusus.

Faktor lain yang menentukan kekuatan kontak perekat adalah bentuknya. Kontak perekat berbentuk kompleks mudah terlepas di "tepi" bidang kontak.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Popov, Valentin L.; Pohrt, Roman; Li, Qiang (2017-09-01). "Strength of adhesive contacts: Influence of contact geometry and material gradients". Friction (dalam bahasa Inggris). 5 (3): 308–325. doi:10.1007/s40544-017-0177-3alt=Dapat diakses gratis. ISSN 2223-7690. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • John Comyn, Adhesion Science, Royal Society of Chemistry Paperbacks, 1997
  • A.J. Kinloch, Adhesion and Adhesives: Science and Technology, Chapman and Hall, 1987