Adelaide International

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Adelaide International
Informasi Turnamen
Nama turnamenAdelaide International
Dibentuk2020; 4 tahun lalu (2020)
TempatMemorial Drive Tennis Centre
PermukaanKeras[1]
Situs webadelaideinternational.com.au
Juara terkini (2023)
Tunggal PutraKorea Selatan Kwon Soon-woo
Tunggal PutriSwiss Belinda Bencic
Ganda PutraEl Salvador Marcelo Arévalo
Belanda Jean-Julien Rojer
Ganda PutriBrasil Luisa Stefani
Amerika Serikat Taylor Townsend
ATP World Tour
KategoriATP 250
Peserta28S / 16Q / 24D
Hadiah uangUS$642,735 (2023)
WTA Tour
KategoriWTA 500
Peserta30S / 24Q / 16D
Hadiah uangUS$780,637 (2023)

Adelaide International adalah turnamen tenis profesional yang dimainkan di lapangan keras luar ruangan di Adelaide, South Australia di Memorial Drive Tennis Centre. Turnamen ini diselenggarakan pada bulan Januari atau Februari, dan merupakan bagian dari tur WTA and ATP. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian menjelang turnamen Grand Slam awal musim, yakni Australian Open.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian Brisbane International membuat kota Adelaide kehilangan kesempatan untuk terus menjadi tuan rumah acara ATP atau WTA menjelang Australian Open. Selama sepuluh tahun berikutnya, Adelaide menjadi tuan rumah World Tennis Challenge, sebuah acara eksibisi yang menampilkan para pemain terdahulu. Peresmian kompetisi multi-kota Piala ATP, yang diadakan pada waktu yang sama, mengakibatkan dihapuskannya Piala Hopman dan pemadatan turnamen lainnya, sehingga memberikan waktu yang cukup dalam kalender untuk Adelaide International.[2] Pada bulan Februari 2019, Pemerintah Australia Selatan mengumumkan akan menginvestasikan $10 juta untuk membangun struktur beratap kanopi di atas Memorial Drive Tennis Centre, setelah mendapatkan kontrak selama lima tahun dengan Tennis Australia untuk menjadi tuan rumah acara baru di fasilitas yang telah diperbarui tersebut.[3] Turnamen baru ini diluncurkan pada tahun yang sama,[butuh klarifikasi] dengan petenis nomor empat dunia dan juara Grand-Slam dua kali, Simona Halep dikukuhkan sebagai pemain pertama yang akan bermain di Adelaide International 2020.[4] Turnamen internasional baru ini merupakan gabungan dari ajang WTA Premier dan ATP 250.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Greenset worldwide new official court surface supplier". tennis.com.au. 26 Juli 2019. 
  2. ^ "New Adelaide tournament set to first unveil big name". PerthNow. 1 Agustus 2019. 
  3. ^ "Adelaide tennis tournaments to replace Sydney International as new roof funded". ABC News. 2 Februari 2019. 
  4. ^ "SA to serve up best in women's tennis". South Australian Tourism Commission (dalam bahasa Inggris). 2 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 Agustus 2019. 
  5. ^ "Adelaide International to star Wimbledon champion Simona Halep in 2020". Adelaide International (dalam bahasa Inggris). 2 Agustus 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Adelaide International tournaments Templat:ATP World Tour 250 series Templat:WTA 500 tournaments