Ad Gentes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ad Gentes atau Dekrit tentang Kegiatan Misioner Gereja adalah salah satu dokumen dari Konsili Vatikan Kedua. Dokumen ini disetujui oleh para Uskup dalam sebuah pemungutan suara 2.394 berbanding 5, dan diresmikan oleh Paus Paulus VI pada 18 November 1965.

Judul Ad Gentes atau Kepada Para Bangsa (dalam Bahasa Inggris "To the Nations") diambil dari baris pertama dokumen, sebagaimana umumnya dokumen Gereja Katolik dinamai.

Ad Gentes memfokuskan pada faktor-faktor yang terlibat dalam karya misi. Dokumen ini memutuskan tidak memaksakan kebudayaan yang sama untuk setiap tempat di mana Gereja mengirimkan misi, melainkan mendorong para misionaris untuk hidup bersama dengan masyarakat ke mana mereka di utus, menyerap cara hidup dan kebudayaan mereka (AG9).

Konsili menyatakan pula bahwa Gereja melarang keras jangan sampai ada orang yang dipaksa atau dengan siasat yang tidak pada tempatnya dibujuk atau dipikat untuk memeluk agama Kristen. Bahkan lebih lanjut menjelaskan agar hendaknya alasan-alasan untuk bertobat diselidiki, dan bila perlu dijernihkan (AG13). Juga didorong untuk melakukan kerja sama karya misi melalui perwakilan-perwakilan serta kerja sama dengan kelompok-kelompok dan organisasi lainnya di dalam tubuh Gereja Katolik maupun dengan denominasi lainnya (AG35-41).

Daftar Isi Dokumen[sunting | sunting sumber]

Dokumen Ad Gentes memiliki susunan sebagai berikut (nomor-nomor dalam tanda kurung adalah nomor-nomor sub-bab yang merupakan pasal referensi yang biasa digunakan sewaktu mengutip dokumen ini):

  1. Pendahuluan (1)
  2. Asas-asas Ajaran (2-9)
  3. Karya Misioner Sendiri (10-18)
    1. Kesaksian Kristen (11-12)
    2. Pewartaan Injil dan Penghimpunan Umat Allah (13-14)
    3. Pembinaan Jemaat Kristen (15-18)
  4. Gereja-Gereja Khusus (19-22)
  5. Para Misionaris (23-27)
  6. Pengaturan Karya Misioner (28-34)
  7. Kerja Sama (35-41)
  8. Penutup (42)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]