Abraham Prochownik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Abraham Prochownik adalah orang Yunani dikatakan di dalam beberapa sumber legendaris, dipilih sebagai pangeran Polandia, pada tahun 842. Setelah kematian Pangeran Popiel, Polandia diduga mengadakan dewan di Kruszwica, untuk memilih seorang pewaris. Menurut legenda mereka tidak setuju untuk waktu yang lama, dan akhirnya memutuskan bahwa orang yang pertama memasuki kota di pagi hari berikutnya harus menjadi pemimpin mereka. Orang ini tidak lain adalah orang Yunani Abraham pembuat bubuk (prochownik), yang diantar ke ruang dewan dan dinyatakan sebagai pangeran Polandia. Abraham menolak kehormatan itu dan bersikeras mereka untuk memilih seorang Polandia yang bijaksana Piast, yang menjadi pendiri Dinasti Piast (dibandingkan legenda yang mirip mengenai Saul Wahl). Sebuah pilihan raja oleh banyak pertemuan atau kebetulan ditemukan di dalam banyak cerita rakyat.

D.M. Dunlop dan sarjana lainnya mengeksplorasi kemungkinan bahwa Abraham adalah seorang tokoh sejarah, baik sebagai pangeran Khazar yang diasingkan atau seorang nobel Khazar yang dtunjuk atas Slavia barat untuk mengumpulkan upeti.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Krauscher i.42; Sternberg 4.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Dunlop, Douglas M.. The History of the Jewish Khazars, Princeton, N.J.: Princeton University Press, 1954.
  • Hundert, Gershon David. "Jewish Poland: Legends of Origin, Ethnopoetics and Legendary Chronicles by Haya Bar-Itzhak" The Jewish Quarterly Review, New Ser., Vol. 92, No. 1/2 (Jul. - Oct., 2001), pp. 222–226
  • Kraushar, A. Historya Zydów w Polsce
  • Sternberg. Gesch. der Juden in Polen