Abdullah bin Ali al-Uraidhi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Abdullah bin Ali
Habib Abdullah bin Ali al-Uraidhi
NamaAbdullah bin Ali
LahirHadramaut, Yaman
MeninggalPakuhaji, Tangerang, Banten, Hindia Belanda
Dimakamkan diMakam Keramat Panjang
Nama lainKeramat Panjang

Habib Abdullah bin Ali al-Uraidhi adalah seorang penyebar agama Islam asal Hadramaut, Yaman yang wafat di daerah desa Sukawali, Pakuhaji, Tangerang, Banten.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Makam[sunting | sunting sumber]

Umumnya liang lahat kuburan panjangnya 2 meter dan lebar 0,5 atau 1 meter. Namun tidak untuk makam keramat panjang terletak di Kampung Kramat, Desa Sukawali, Pakuhaji, Tangerang.

Makam ini berbeda dengan makam-makam pada umumnya karena memiliki panjang 9 meter dan lebar 0,5 meter.[2]

Makam ini diduga telah berusia lebih dari seribu tahun. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya beberapa obyek arkeologis di sekitar kawasan seperti fragmen keramik, gerabah, fragmen kapan dan lain-lainnya.

Tidak diketahui pasti silsilah yang dimakamkan di dalam makam ini, tetapi menurut keterangan juru kunci, Husein, tokoh yang dimakamkan bernama Habib Abdullah bin Ali al-Uraidhi pendatang dari Hadramaut, Yaman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Redaksi (2018-05-03). "Makam Kramat Panjang di Pakuhaji Jadi Objek Wisata Religi". Tangerang Online (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-16. 
  2. ^ Ansyari, Syahrul (2015-04-12). "Cerita Makam Keramat Terpanjang di Tangerang". VIVA.co.id. Diakses tanggal 2022-12-16.