AIRES Penerbangan 8250

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
AIRES Penerbangan 8250
HK-4682, pesawat yang terlibat, terlihat di Bandar Udara Bogotá lima bulan sebelum kecelakaan
Ringkasan accident
Tanggal16 Agustus 2010 (2010-08-16)
RingkasanPenerbangan terkendali ke medan karena pelatihan pilot yang buruk dan ilusi lubang hitam
LokasiBandar Udara Internasional Gustavo Rojas Pinilla, San Andrés, Kolombia
12°34′45″N 81°43′10″W / 12.57917°N 81.71944°W / 12.57917; -81.71944Koordinat: 12°34′45″N 81°43′10″W / 12.57917°N 81.71944°W / 12.57917; -81.71944
Occupant131
Penumpang125
Awak6
Cedera129
Tewas2 (mulanya 1)
Selamat129 (mulanya 130)
Jenis pesawatBoeing 737-73V
OperatorAIRES
RegistrasiHK-4682
AsalBandar Udara Internasional El Dorado, Bogotá, Kolombia
TujuanBandar Udara Internasional Gustavo Rojas Pinilla, San Andrés, Kolombia

AIRES Penerbangan 8250 adalah penerbangan penumpang terjadwal domestik yang pada 16 Agustus 2010 jatuh saat mendarat pada malam hari dalam cuaca buruk di Pulau San Andrés, menewaskan dua dari 131 orang di dalamnya. Pesawat Boeing 737-700 yang dioperasikan oleh AIRES, tiba dari ibu kota Kolombia, Bogotá, ketika mendarat di dekat landasan pacu, pecah menjadi tiga bagian.

Investigasi resmi menyimpulkan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan penilaian awak pesawat terhadap ketinggian selama fase terakhir pendekatan.[1]

Sejarah penerbangan[sunting | sunting sumber]

Penerbangan 8250 dioperasikan oleh maskapai lokal Kolombia, AIRES . Pesawat sedang dalam penerbangan dari Bogotá ke pulau San Andrés , di Karibia . Tujuan wisata populer, Pulau San Andres berjarak sekitar 190 kilometer (120 mi; 100 nmi) di timur pantai Nikaragua.

Penerbangan lepas landas dari Bandar Udara Internasional El Dorado Bogotá pada pukul 00:07 dalam perjalanan ke Bandar Udara Internasional Gustavo Rojas Pinilla dengan 125 penumpang dan enam awak. Kapten Wilson Gutierrez (usia 43) adalah pilot yang terbang (PF) sementara First Officer Camilo Piñeyros Rodriguez (usia 25) adalah pilot monitoring (PM).

Kecelakaan[sunting | sunting sumber]

Kecelakaan itu terjadi saat pesawat mendarat di San Andrés pada pukul 01:49 Waktu Karibia Barat setempat ( UTC−05:00 ). Boeing 737 pecah menjadi tiga bagian utama. Tabrakan terjadi sekitar 260 kaki (80 m) sebelum dimulainya landasan pacu, dengan puing-puing menyebar sekitar 328 kaki (100 m). Pesawat tergelincir di sepanjang landasan; roda pendaratan roboh dan satu mesin lepas dari sayap. Hidung pesawat dan delapan baris tempat duduk pertama berhenti di landasan dengan menunjuk ke arah yang berbeda dari reruntuhan lainnya. Petugas pemadam kebakaran bandara dengan cepat memadamkan api kecil yang dimulai di sayap. Akibat kecelakaan tersebut, Comité Regional de Prevención y Atención de Desastres dikerahkan.

Pesawat[sunting | sunting sumber]

Pesawat yang terlibat adalah Boeing 737-73V , registrasi HK-4682, dengan nomor seri (MSN) 32416, nomor konstruksi 1270. Pesawat ini dibuat pada tahun 2003 dan pertama kali dikirim ke EasyJet dengan registrasi sebagai G-EZJU. Itu kemudian dijual ke AIRES pada Maret 2010. Penyelidik mengatakan sehari setelah kecelakaan bahwa catatan perawatan pesawat sudah diperbarui.

Penumpang dan awak kapal[sunting | sunting sumber]

Bagan kematian penumpang Ada laporan yang kontradiktif mengenai berapa banyak orang yang berada di dalam pesawat. Laporan berkisar dari 121 penumpang dan enam awak, 131 penumpang dan awak, dan sedikitnya 127 orang di dalamnya. Laporan 131 orang tersebut selanjutnya dipecah menjadi 121 penumpang dewasa dan empat anak di bawah umur. Laporan sehari setelah kecelakaan menimpa 131 orang di dalamnya: 125 penumpang dan enam awak.

Satu laporan awal menyatakan bahwa 114 orang terluka dalam kecelakaan itu, dan dari 99 penumpang yang dibawa ke Rumah Sakit Amor de Patria di San Andrés, hanya empat yang mengalami luka berat. Laporan sehari kemudian menetapkan angka 119 orang dibawa ke rumah sakit setempat, kebanyakan dengan luka ringan. Tiga belas orang yang selamat, termasuk empat orang dengan luka serius, diterbangkan ke Bogota untuk perawatan.

Laporan awal menunjukkan satu kematian, seorang wanita tua meninggal karena serangan jantung. Jumlah kematian terakhir adalah dua. Otopsi mengungkapkan bahwa seorang wanita berusia 68 tahun mengalami pecahnya aorta dan pecahnya hati. Dia meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Kematian kedua adalah seorang gadis berusia 10 tahun; dia mengalami kerusakan otak yang parah [ rujukan? ] dan meninggal 16 hari setelah kecelakaan itu.

Satu laporan menyatakan bahwa daftar penumpang termasuk enam orang Amerika, lima orang Meksiko, empat orang Brasil, empat orang Ekuador, dan dua orang Jerman dengan sisanya adalah orang Kolombia. Laporan lain menyatakan ada tiga orang Amerika di dalamnya. Sebuah laporan selanjutnya menyebutkan jumlah orang non-Kolombia di atas kapal "setidaknya 16".

Investigasi[sunting | sunting sumber]

Reruntuhan Otoritas penerbangan sipil Kolombia, Unit Administratif Khusus Penerbangan Sipil , dan Angkatan Udara Kolombia membuka penyelidikan atas kecelakaan tersebut. Bandara ditutup saat penyelidik memeriksa reruntuhan. Penutupan diperkirakan berlangsung hingga pukul 06:00 pada 17 Agustus.

Pesawat dilaporkan jatuh dalam cuaca buruk sementara badai dilaporkan terjadi di daerah tersebut, tetapi tidak di bandara. Laporan METAR (pesan pengamatan cuaca rutin penerbangan) yang berlaku pada saat kecelakaan menunjukkan bahwa angin bertiup dari timur laut timur dengan kecepatan 6 knot (11 km/jam; 6,9 mph), jarak pandang baik dan landasan pacu basah. Pesawat "mendarat di tengah badai listrik yang hebat" menurut Kolonel Barrero.

Rekening penumpang sehari setelah kecelakaan merinci bagaimana pendekatan tampaknya berjalan normal, dengan pramugari telah menyiapkan penumpang untuk mendarat, ketika kecelakaan itu terjadi tiba-tiba dan tanpa peringatan. Pilot tidak melaporkan keadaan darurat ke menara. Ada laporan yang saling bertentangan tentang apa yang menyebabkan kecelakaan itu, menunjukkan bahwa pendaratan terganggu setelah pesawat terkena downdraft , atau disambar petir . Pilot mengatakan bahwa pesawat itu tersambar petir. Pejabat menolak mengomentari laporan sambaran petir, meskipun penelitian selanjutnya membuktikan bahwa [ sebutkan ] itu tidak benar. Tidak ada pesawat yang mengalami kecelakaan akibat petir sejak tahun 1971 . Bandara tidak dilengkapi dengan peralatan untuk mendeteksi pergeseran angin, seperti radar Doppler.

Baik data penerbangan dan perekam suara kokpit ditemukan dari reruntuhan. Berdasarkan pola rongsokan, para penyelidik menyimpulkan bahwa pesawat telah pecah karena benturan dan bukan saat berada di udara.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS mengirim tim untuk mendukung penyelidikan yang dipimpin Kolombia sebagai perwakilan negara produsen.

Hampir satu tahun setelah kecelakaan itu, pada 15 Juli 2011, Dewan Keamanan Sipil Aeronáutica menyimpulkan bahwa penyebab kecelakaan itu adalah pelaksanaan pendekatan terakhir di bawah jalur luncur, karena kesalahan penilaian oleh kru yang mengira mereka salah. jauh lebih tinggi. Ini tipikal dari ilusi "lubang hitam", yang dialami selama pendekatan malam hari ke lingkungan landasan pacu dengan kontras rendah yang dikelilingi oleh cahaya terang, diperparah oleh hujan lebat. Aeronaútica Civil merekomendasikan pelatihan ulang awak. Meski kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan manusia, perwakilan Aeronaútica Kolonel Carlos Silva mengingatkan bahwa tujuan investigasi bukan untuk membagi kesalahan tetapi untuk mencegah kecelakaan pesawat yang mungkin terjadi di masa depan.

  1. ^ Accidente ocurrido el día 16 de Agosto de 2010 a la aeronave Boeing 737-700, Matrícula HK-4682 en el Aeropuerto Internacional Gustavo Rojas Pinilla de la Isla de San Andrés - Colombia (PDF) (Laporan) (dalam bahasa Spanyol). UAEAC. Diakses tanggal 22 September 2019.