69 (posisi seksual)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lukisan oleh Félicien Rops, 1865.
Wanita pada posisi 69.

69, dalam bahasa Perancis disebut soixante-neuf, adalah posisi seksual di mana mulut dua orang terletak di dekat alat kelamin masing-masing, melakukan seks oral.[1] Orang yang melakukan posisi ini berbentuk seperti 6 dan 9. Posisi ini dapat melibatkan kombinasi jenis kelamin apapun.

Metode[sunting | sunting sumber]

Jika pasangan laki-laki hadir dan jika dia tidak disunat, frenulumnya menggosok terhadap atap mulut pasangan melakukan itu, sedangkan kulup dan bagian depan kelenjar dapat dirangsang oleh mulut pasangan.

Variasi dari 69 posisi termasuk anilingus bersama atau "rimming ganda," dan penetrasi digital baik mitra anus atau vagina.

Dalam posisi ini, pasangan dikatakan untuk mengalami rangsangan seksual secara bersamaan, tetapi ini juga dapat mengalihkan perhatian orang-orang yang mencoba untuk fokus hanya pada memuaskan diri mereka sendiri. Posisi juga dapat canggung untuk mitra yang tidak sama tinggi.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rogiere, Jean (2001). The Little Book of Sex. Ulysses Press. ISBN 1-56975-305-9. 
  2. ^ Rathus, Spencer A.; Nevid, Jeffrey S.; Fichner-Rathus, Lois; Herold, Edward S.; McKenzie, Sue Wicks (2005), Human sexuality in a world of diversity (ed. second), New Jersey, USA: Pearson Education, hlm. 221, ISBN 1-205-46013-5