50 First Dates

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
50 First Dates
50FirstDates.jpg
Poster film
Sutradara Peter Segal
Produser
  • Jack Giarraputo
  • Steve Golin
  • Nancy Juvonen
Penulis George Wing
Pemeran
Musik Teddy Castellucci
Sinematografi Jack N. Green
Penyunting Jeff Gourson
Studio Happy Madison
Flower Films
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis 13 Februari 2004 (2004-02-13)
Durasi 99 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran US $75 juta
Pendapatan kotor US $196,482,882

50 First Dates adalah film komedi romantis Amerika tahun 2004 disutradarai oleh Peter Segal dan ditulis oleh George Wing. Dibintangi oleh Adam Sandler sebagai seorang dokter hewan pengejar-wanita dan Drew Barrymore sebagai seorang amnesia, bersama dengan Rob Schneider, Sean Astin, Lusia Strus, Blake Clark, dan Dan Aykroyd.

Sebagian besar film dibuat di lokasi Windward Side & North Shore di Oahu, Hawaii. Sandler dan Barrymore memenangkan penghargaan MTV untuk penampilan mereka. Ini adalah film kedua yang mempertemukan mereka sebagai pasangan, yang pertama adalah The Wedding Singer.

Gangguan memori fiktif yang dialami oleh karakter Barrymore, mirip dengan hilangnya memori jangka pendek dan amnesia Anterograde.

Alur[sunting | sunting sumber]

Henry Roth (Adam Sandler) adalah seorang dokter hewan laut yang senang mempermainkan wanita, merawat hewan di sebuah taman hiburan air di Hawaii. Film ini dimulai dengan ulasan tentang penaklukan seksual Henry dan adegan ketika dia sedang bekerja dengan asistennya, Ula (Rob Schneider) dan Alexa (Lusia Strus).

Suatu pagi, Henry bertemu dengan Lucy Whitmore (Drew Barrymore), seorang guru seni lokal, di sebuah kafe. Mereka berteman dan setuju untuk berjumpa keesokan harinya, tapi ketika Henry kembali, Lucy tidak ingat dengannya atau pertemuan mereka sebelumnya. Pemilik kafe menariknya ke tempat dimana Lucy tidak dapat mendengar mereka, menjelaskan kepada Henry bahwa Lucy menderita Goldfield Syndrome akibat kecelakaan mobil setahun yang lalu, bentuk amnesia anterograde fiktif di mana peristiwa yang terjadi hari itu akan menghilang dari ingatannya setiap malam. Dia dengan polosnya percaya bahwa setiap hari adalah hari ulang tahun ayahnya, Marlin (Blake Clark), dimana akan terjadi kecelakaan pada hari itu. Dalam rangka untuk melindunginya dari rasa sakit yang berulang kali tentang kecelakaan, Marlin dan kakak Lucy, Doug (Sean Astin), kembali melakukan kegiatan ulang tahun Marlin setiap hari seperti kejadian satu tahun lalu sebelum terjadi kecelakaan.

Menyadari bahwa ia jatuh cinta dengan Lucy, Henry merencanakan cara-cara baru untuk 'bertemu' lagi dengannya setiap hari, berharap bahwa suatu hari Lucy akan mempertahankan kenangan dan perasaan untuknya. Dia akhirnya meyakinkan Marlin bahwa menyembunyikan kebenaran dari Lucy itu lebih buruk daripada menjelaskan kepada Lucy setiap hari, jadi mereka mulai memberikan kaset video ke Lucy untuk ditonton setiap pagi, yang menjelaskan tentang situasi dan hubungannya dengan Henry. Lucy juga menulis catatan untuk dirinya sendiri dalam buku harian. Seiring berjalannya waktu, dia mulai membalas perasaan Henry, bahkan menerima lamaran pernikahannya.

Suatu pagi, Lucy mendengar bahwa Henry telah membatalkan rencananya berlayar ke Kutub Utara untuk ekspedisi penelitian yang telah ia persiapkan selama bertahun-tahun, hanya agar dapat bersama Lucy. Lucy tidak ingin menahannya, sehingga ia menghancurkan semua bukti hubungan mereka, bersikeras bahwa Henry meninggalkannya, dan dirinya melakukan terapi di unit spesialis di rumah sakit.

Kini Henry menutup semuanya dan keluar dari kehidupan Lucy, mempersiapkan perjalanannya. Sebelum ia mengatur pelayaran, Marlin memberinya sebuah CD Beach Boys berisi musik yang Lucy gunakan ketika dia masih kecil untuk diberikan pada Marlin sewaktu perjalanan memancing karena mengingatkannya pada istrinya. Baru-baru ini, Lucy menyanyikan lagu-lagu ini pada hari-hari ketika ia bersama Henry. Tak lama setelah berangkat, Henry menyadari bahwa CD tersebut mungkin petunjuk dari Marlin bahwa Lucy memang ingat dengannya, jadi dia bergegas kembali ke rumah sakit untuk melihatnya. Setelah melihat dia lagi, Lucy menjelaskan bahwa dia masih tidak tahu siapa Henry tapi Lucy telah bermimpi tentangnya dan ingat wajahnya, sebagaimana dibuktikan oleh banyaknya lukisan dan gambar yang telah dibuat selama di rumah sakit. Ini menjadi bukti cinta mereka satu sama lain, pasangan itu pun bersatu kembali.

Beberapa tahun kemudian, Lucy tidak menyadari saat suatu pagi ia bangun di kabin kapal pesiar, Lucy sudah menikah dengan Henry dan berlayar di Kutub Utara dengannya, seiring dengan terwujudnya mimpi Henry. Setelah menonton rekaman video adegan kecelakaan dan pernikahannya dengan Henry dan dipenuhi air mata, dia naik ke geladak kapal dan disambut oleh Henry, putri mereka, dan Marlin.

Peran[sunting | sunting sumber]

  • Adam Sandler sebagai Henry Roth, seorang dokter hewan laut dengan bakat merayu wanita dan takut berkomitmen
  • Drew Barrymore sebagai Lucy Whitmore
  • Rob Schneider sebagai Ula, asisten Henry yang merokok ganja dan asli Hawaii. Ula tidak bahagia menikah dengan seorang perempuan pribumi yang kelebihan berat badan dan memiliki lima anak yang atletis dan berbakat
  • Sean Astin sebagai Doug Whitmore, kakak laki-laki Lucy, binaragawan yang bergantung pada steroid
  • Blake Clark sebagai Marlin Whitmore, ayah Lucy, seorang nelayan profesional
  • Lusia Strus sebagai Alexa, asisten Henry dengan gender yang tidak jelas
  • Dan Aykroyd sebagai Dr Keats, seorang dokter yang mengkhususkan diri pada gangguan otak
  • Amy Hill sebagai Sue, manajer kafe Hukilau dan teman almarhum ibu Lucy
  • Allen Covert sebagai Tom si sepuluh detik, seorang pasien rumah sakit dengan gangguan memori yang parah
  • Missi Pyle sebagai Noreen, pengacara pajak yang bertemu Henry di sebuah bar
  • Maya Rudolph sebagai Stacy, wanita hamil di pesta pantai

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film ini awalnya berjudul "50 First Kisses", tapi diubah untuk menghindari kebingungan dengan Never Been Kissed, film lain dari Drew Barrymore.[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar film dibuat di lokasi seperti Kaneohe, Kaaawa, Wahiawa, Makapuu, dan Waimanalo, Oahu, serta di Teluk Kāne'ohe. Untuk menghemat uang (karena tingginya biaya pembuatan film di luar zona studio), beberapa adegan interior (seperti di dalam kediaman Whitmore) dibuat dan diset di Los Angeles dengan hati-hati dan dihiasi agar terlihat seperti sedang di Hawaii.

Tangki walrus sebenarnya di Vallejo, California's Six Flags Discovery Kingdom, dan lapangan golf di Los Angeles, California. Pelatih singa laut dalam kehidupan nyata, Michael Osborn muncul di film sebagai dirinya sendiri. Perahu "Sea Serpent" sebenarnya adalah 51' Formosa; nama asli perahu adalah Viking Spirit dan ini berlabuh di Ko Olina, Oahu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]