102 Dalmatians

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
102 Dalmatians
102 dalmatians poster.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara Kevin Lima
Produser Edward S. Feldman
Penulis Kristen Buckley
Brian Regan
Pemeran Glenn Close
Ioan Gruffudd
Alice Evans
Tim McInnerny
David Horovitch
Ian Richardson
Gérard Depardieu
Musik David Newman
Sinematografi Adrian Biddle
Roger Pratt
Penyunting Gregory Perler
Sophie Sorensen
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis
Durasi 100 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Amerika Serikat
Anggaran US$ 85,000,000 (perkiraan)
Pendapatan kotor $183.611.771[1]
Didahului oleh 101 Dalmatians (1996)


102 Dalmatians adalah film aksi hidup tahun 2000, yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures dan dibintangi Glenn Close sebagai Cruella de Vil. Film ini merupakan sekuel dari 101 Dalmatians. Dalam film ini, Cruella de Vil mencoba mencuri anak anjing untuk membuat mantel bulu "teragung" miliknya. Glenn Close dan Tim McInnerny adalah salah satu aktor dari film pertama yamg kembali dalam sekuel ini. Film ini dirilis dalam format VHS dan DVD pada tanggal 3 April 2001, dan dirilis kembali dalam bentuk DVD pada 16 September 2008.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cruella (Glenn Close) mendapatkan pembebasan bersyarat setelah menjalani hukuman penjara selama 3 tahun. Cruela dibebaskan dengan syarat harus membayar £8 juta ke semua penampungan anjing di borough Westminster dan dilarang berlaku keji pada semua anjing. Cruella kemudian menjadi aktivis perlindungan hewan dan membiayai sebuah operasi penyelamatan hewan yang dijalankan oleh Kevin (Ioan Gruffudd). Selama di penjara, Cruella menjalani perawatan oleh psikiater Dr. Pavlov (David Horovitch). Dr. Pavlov menyatakan Cruella telah sembuh dan tidak membenci anjing lagi.

Opsir pengawas pembebasan bersyaratnya, Chloe (Alice Evans), tetap menaruh curiga dengan kelakuan Cruella. Chloe yang memiliki sekelompok anjing di rumahnya, tidak percaya dengan perubahan sifat Cruella. Bunyi lonceng menara jam London, Big Ben, dapat membuat Cruella kembali ke sifat asalnya, namun Dr. Pavlov tidak ingin memberitahu hal ini kepada siapapun. Cruella merasakan dorongan setelah mendengar bunyi lonceng Big Ben dan ketika dia melihat Dipstick dan anjingnya: Domino, Little Dipper, dan Oddball, dia merencanakan sebuah rencana untuk mendapatkan mantel bulu.

Dia menyuruh pelayannya, Alonzo untuk menemukan beberapa anak anjing setelah dia menyewa tukang kulit dari Paris, Jean-Pierre LePelt (Gerard Depardieu) untuk membantu menangkap 102 anak anjing. Ketiganya membuat skema untuk mengatur Kevin Sheppard sebagai kambinghitam bagi polisi untuk menyelidiki sehingga Cruella dan komplotannya bisa mendapatkan semua anjing yang dibutuhkan mantelnya. Namun, Kevin segera lolos dari penjara dan bertemu dengan Chloe Simon yang mendengar bahwa Cruella dan anteknya menuju ke Paris. Tapi mereka segera ditangkap oleh Cruella dan dipenjarakan di pabrik bulunya.

Cruella melupakan satu ekor dalmatian lagi, yakni Oddball karena dia terlahir polos tanpa bintik hitam. Oddball memimpin untuk menyelamatkan keluarganya dan semua anak anjing yang diculik Cruella. Cerita ini berakhir bahagia, Oddball mendapatkan bintik hitam pertamanya, tempat perlindungan anjing mendapatkan uang Cruella, dan semua merayakannya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Awalnya film ini diberi judul 101 Dalmatians Returns. Produksinya dimulai pada bulan Desember 1998 hingga Januari 1999 sampai pertengahan November/Desember 1999. Film ini direncanakan akan dirilis pada tanggal 30 Juni 2000 tetapi diundur sampai 22 November 2000. Penjara Oxford digunakan untuk adegan Cruella keluar dari penjara. 102 Dalmatians sebagian besar difilmkan di Paris.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Layar lebar[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka di posisi ketiga di belakang Unbreakable dan How the Grinch Stole Christmas. Film ini diakui baik di layar lebar, berpenghasilan $66.957.026 di Amerika Serikat dan $116.654.745 di luar negeri, sehingga totalnya mencapai $183.611.771 di seluruh dunia.[1] Namun, film ini jauh berkurang dari film pertama yang meraih $320.689.294 di seluruh dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "102 Dalmatians (2000)". Boxofficemojo.com. 2001-04-10. Diakses 2009-02-20. 
  2. ^ "Upcoming Cover Art - The Ultimate Guide to Disney DVD". Ultimatedisney.com. 2003-03-29. Diakses 2009-02-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]