(Just Like) Starting Over

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"(Just Like) Starting Over"
Singel oleh John Lennon
dari album Double Fantasy
Sisi-B"Kiss Kiss Kiss" (Yoko Ono)
Dirilis24 Oktober 1980
Format7", kaset
Direkam1980
GenrePop rock, rock & roll[1]
Durasi3:56
LabelGeffen
PenciptaJohn Lennon
ProduserJohn Lennon, Yoko Ono, Jack Douglas

"(Just Like) Starting Over" adalah lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh John Lennon untuk album Double Fantasy. Lagu ini dirilis sebagai singel pada tanggal 24 Oktober 1980 dan mencapai nomor 1 di tangga lagu Amerika Serikat dan Britania Raya dua minggu setelah kematiannya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lagu ini merupakan singel pertama yang dirilis dari album Double Fantasy, dan sekaligus rekaman pertama John Lennon sejak tahun 1975. Menurutnya lagu ini tidak cukup bagus, namun paling cocok untuk memulai lagi semenjak 5 tahun absen berkarier di dunia musik. John Lennon menyebut lagu ini pada saat perekaman sebagai "lagunya Elvis/Orbison", karena ia menirukan cara bernyanyi mereka. Pada bagian awal lagu di album "Double Fantasy Stripped Down" yang dirilis pada tahun 2010, Lennon berkata: "satu ini untuk Gene, dan Eddie, dan Elvis... dan Buddy."

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Lagu ini ditulis kembali dari versi-versi lagu lama yang diciptakan John, yang berjudul "Don’t Be Crazy" atau "My Life". Ini adalah lagu terakhir yang diselesaikan untuk Double Fantasy. ”Kami tidak mendengarnya sampai hari terakhir sesi rekaman,” menurut keterangan produser Jack Douglas pada tahun 2005.[2] Lennon menulis lagu ini saat sedang berlibur di Bermuda, dan merekamnya di The Hit Factory, New York, beberapa minggu kemudian. Judul asli lagu sebenarnya "Starting Over". "(Just Like)" ditambahkan pada menit terakhir karena lagu country yang berjudul sama, baru-baru itu dirilis oleh Tammy Wynette. Lagu yang dirilis resmi (original 45rpm singles, LP dan CD) berdurasi 3:54. Singel vinyl 12" yang dirilis untuk stasiun radio berdurasi 4:17.

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu ini menduduki posisi pertama selama 5 minggu di tangga lagu, menjadikannya sebagai singel solo tersukses John Lennon di Amerika. Ketika John Lennon tewas ditembak pada tanggal 8 Desember 1980, singel ini berada di posisi 3 di Amerika dan mencapai puncak tangga lagu pada akhir minggu tanggal 27 Desember, membuatnya menjadi lagu hit nomor 1 yang keempat di Amerika Serikat yang dicetak oleh penyanyi yang telah meninggal.

Di tangga lagu Britania Raya, singel ini awalnya berada di urutan ke-8, kemudian turun ke posisi 21. Setelah kematian John, lagu ini langsung naik ke posisi 1. Sejak tanggal 6 Januari 1981, ada 3 buah lagu John Lennon di Britania Raya yang menempati posisi 5 besar, prestasi yang tidak pernah dicapai dirinya sebelumnya. Dalam daftar Billboard's All Time Top Songs, lagu ini mendapat peringkat ke 53.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "(Just Like) Starting Over - John Lennon - Pandora Internet Radio". Pandora.com. 2009-06-17. Diakses tanggal 2011-09-09. 
  2. ^ "Just Like Starting Over" by Chris Hunt, Uncut John Lennon Special, 2005
  3. ^ "Billboard.com". Billboard.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-25. Diakses tanggal 2011-09-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
"Lady" oleh Kenny Rogers
Singel No.1 Billboard Hot 100
27 Desember 1980 - 24 Januari 1981
Diteruskan oleh:
"The Tide Is High" oleh Blondie
Didahului oleh:
"Super Trouper" oleh ABBA
UK number one single
20 Desember 1980
Diteruskan oleh:
"There's No-one Quite Like Grandma" oleh St Winifred's School Choir
Didahului oleh:
"Shaddap You Face" oleh Joe Dolce Music Theatre
Singel No.1 Australian Kent Music Report
19 Januari 1981 - 9 Februari 1981
Diteruskan oleh:
"Duncan" oleh Slim Dusty