Świętosława dari Polandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Świętosława dari Polandia
Świętosława yang dilukis oleh Jan Matejko, 1886.
Świętosława yang dilukis oleh Jan Matejko, 1886.
Permaisuri Bohemia
Memerintah 1062-1092
Pasangan Vratislaus II dari Bohemia
Anak
Boleslaus
Borivoj II dari Bohemia
Vladislaus I dari Bohemia
Sobeslav I dari Bohemia
Judith dari Bohemia
Ayah Casimir I dari Polandia
Ibu Maria Dobroniega dari Kiev
Lahir sekitar tahun 1046-1048
Meninggal 1 September 1126 (usia 78-80 tahun)
Bohemia, Republik Ceko

Świętosława dari Bohemia atau Świętosława dari Polandia (Bahasa Ceska: Svatava Polská (sekitar 1046-1048 - 1 September 1126)) merupakan istri ketiga Adipati dan kemudian Raja Vratislaus II dari Bohemia dan sejak tahun 1085 Ratu pertama Bohemia.

Asal[sunting | sunting sumber]

Świętosława merupakan putri Casimir I dari Polandia dan istrinya Maria Dobroniega dari Kiev. Berkat nenek moyangnya Dobrawa dari Bohemia ia berkaitan dengan Dinasti Přemyslid, keluarga calon suaminya. Saudara-saudaranya adalah pemimpin-pemimpin Polandia Bolesław II yang Berani dan Władysław I Herman.

Pernikahan dengan Vratislaus[sunting | sunting sumber]

Vratislaus menikahi Świętosława pada tahun 1062, setahun setelah kematian istri keduanya, Adelaide Arpad[1]. Istri pertamanya Maria meninggal pada saat melahirkan. Menurut para sejarawan Jerman, Świętosława berusia 15 tahun pada saat mereka menikah, dan menurut Oswald Balzer, ia berusia 19 sampai 22 tahun.

Dengan pernikahan tersebut, kenetralan Bohemia dipastikan di dalam konflik Polandia-Jerman. Dengan tambahan, Vratislaus menjalin hubungan persahabatan dengan Adipati dan kemudian Raja Polandia Bolesław II yang Berani, namun beberapa waktu setelah ia berselisih dengan Bolesław tentang perbatasan Ceko-Polandia.

Ratu pertama[sunting | sunting sumber]

Mereka memiliki 4 orang anak dan Vratislaus telah memiliki 4 orang anak dari pernikahan sebelumnya. Putra bungsunya, Soběslav, mungkin dilahirkan pada tahun 1075. Putra-putranya Vladislaus dan Soběslav menjadi adipati setelah kematian ayah mereka, dan putrinya Judith menikah dengan sekutu dan sahabat ayahnya, Wiprecht.

Tidak banyak informasi yang diketahui tentang wanita bangsawan ini, meskipun ia dimahkotai bersama-sama dengan suaminya pada tahun 1085 oleh Uskup Agung Egilbert. Mereka menjadi Raja dan Ratu selama 7 tahun berikutnya.

Janda[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1092 Świętosława menjadi janda dan menyaksikan pertikaian atas tahta Bohemia di antara Přemyslid. Pada tahun 1111, ia membantu negosiasi antara Vladislaus I dan Bolesław III yang Bermulut Masam. Setelah kematian Vratislaus, ia melunakkan bentrokan antara putra-putra bungsu mereka Vladislaus dan Soběslav.

Pada tahun 1125, Vladislaus I menjelang ajalnya menkonfirmasikan kerabatnya Otto II yang Hitam sebagai pewarisnya, yang juga merupakan harapan istri Vladislaus, Richeza dari Berg. Hanya campur tangan ibunya yang dapat mengubah opininya. Kemudian setelah itu, Vladislaus berdamai dengan saudaranya Soběslav.[1]

Świętosława, yang menjadi janda selama 30 tahun, hidup untuk menyaksikan kemenangan putranya di medan Pertempuran Chlumec dan wafat di bulan September 1126.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Sastra[sunting | sunting sumber]

  • VANÍČEK, V. Vratislav II. (I.) První český král. Prague : Vyšehrad, 2004.
  • KAREŠOVÁ, Z.; PRAŽÁK, J. Královny a kněžny české. Prague : X-Egem, 1996.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b KAREŠOVÁ, Z.; PRAŽÁK, J. Královny a kněžny české. Prague : X-Egem, 1996.

¨

Świętosława dari Polandia
Lahir: sekitar tahun 1046-1048 Wafat: 1 September 1126
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Adelaide Arpad
istri Adipati Bohemia
1062–1085
Diteruskan oleh:
Wirpirk dari Tengling
Didahului oleh:
-
Ratu Bohemia
1085–1092
Diteruskan oleh:
Judith dari Thüringen