Øystein Aarseth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Euronymous
Deadand e.jpg
Dead dan Euronymous, c. 1990
Latar belakang
Nama lahir Øystein Aarseth
Meninggal 10 Agustus 1993 (umur 25)
Oslo, Norwegia
Genre Black metal
Pekerjaan Musisi (gitaris)
Instrumen Gitar listrik
Tahun aktif 1983–1993
Artis terkait Mayhem
L.E.G.O.
Checker Patrol
Horn
Burzum
Instrumen khusus
Gibson Cherry Sunburst Classic Les Paul

Øystein Aarseth (lahir di Egersund, Norwegia, 22 Maret 1968 – meninggal di Oslo, Norwegia, 10 Agustus 1993 pada umur 25 tahun) adalah gitaris kelompok musik black metal Norwegia Mayhem yang memiliki nama panggung Euronymous. Ia adalah pendiri perusahaan rekaman extreme/black metal Deathlike Silence, dan toko rekaman di Oslo Helvete.

Alat musik[sunting | sunting sumber]

Euronymous memainkan gitar Gibson Les Paul dengan teknik solo mirip dengan Trey Azagthoth dari Morbid Angel. Ia terpengaruh oleh Venom, Bathory, Celtic Frost, dan Sodom; menggunakan amplifier Marshall Half Stack dan pedal Ibanez tube screamer.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Aarseth membentuk Mayhem pada 1983. Pada saat itu ia memiliki nama panggung Destructor tapi begitu bergabung dengan band ini ia mengubahnya menjadi Euronymous yang diambil dari sebuah lagu karya Hellhammer. Ia membuka toko rekaman Helvete (bahasa Norwegia: neraka) dan perusahaan rekamannya sendiri dengan nama Deathlike Silence. Ketika vokalis Mayhem Dead bunuh diri pada April 1991, Aarseth menemukan jenazahnya dan membuat foto yang kemudian dibuat sampul album. Konon ia memakan otak Dead, namun ia menyangkal hal itu. Ia juga konon membuat kalung dari serpihan tengkorak Dead, dan mengirim beberapa serpih ke band Marduk dan Samael. Dalam sebuah wawancara, Hellhammer mengatakan bahwa kalung itu dicuri dalam sebuah tur.

Pada 1993, Øystein Aarseth mati ditusuk Varg Vikernes, yang memiliki nama panggung Count Grishnackh. Menurut laporan polisi, ia ditusuk 23 kali: 2 di kepala, 5 di leher, dan 16 di punggung.

Setelah kematian Aarseth, Mayhem merekam album De Mysteriis Dom Sathanas. Ibu Euronymous memohon kepada Hellhammer, drummer Mayhem, agar rekaman bass Count Grishnackh dihapus. Walaupun Hellhammer menyanggupi untuk merekam ulang bass, ia sebenarnya tidak mampu, sehingga album itu masih mengandung rekaman bass Grishnackh.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]