Varg Vikernes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Varg Vikernes
Varg Vikernes pada tahun 2008
Varg Vikernes pada tahun 2008
Informasi latar belakang
Nama lahirKristian Vikernes
Nama lainCount Grishnackh
Lahir11 Februari 1973 (umur 51)
dekat Bergen, Norwegia
GenreBlack metal
/>(Shymphonic Black Metal)
PekerjaanMusikus, penulis lagu, Aktivis Politik
InstrumenGitar listrik, Gitar bass, drums, synthesizer, vocals
Tahun aktif1987–1998 (saat ini di penjara)
Artis terkaitBurzum
Mayhem
Old Funeral
Darkthrone
Uruk-Hai
Satanel
Situs webBurzum.org

Varg Vikernes (lahir 11 Februari 1973, dengan nama lahir Kristian Vikernes[1]) adalah seorang musisi yang telah menjalani hukuman penjara karena pembunuhan Øystein "Euronymous" Aarseth pada 1993, bebas dari penjara pada 2009. Ia memiliki nama panggung Count Grishnackh (merujuk kepada seorang tentara Orc dalam buku J.R.R. Tolkien The Lord of the Rings) ketika bermain untuk kelompok musik Mayhem.

Vikernes juga ditemukan bersalah dalam berbagai tuduhan: percobaan pembakaran gereja Storetveit di Bergen, pembakaran gereja Åsane di Bergen, gereja Skjold di Vindafjord, kapel Holmenkollen di Oslo, yang dibangun di atas tempat penyembahan pagan, dan menyebabkan kematian seorang pemadam kebakaran. Ia diberi hukuman maksimum di Norwegia, yaitu 21 tahun penjara. Ia juga dituduh membakar gereja Fantoft di dekat Bergen, tetapi juri memutuskan ia tidak bersalah.

Pada saat ditahan, polisi menemukan 100 kg bahan peledak di rumahnya. Vikernes berkata ia berencana meledakkan katedral Nidaros, gereja paling penting di Norwegia.

Ia saat ini ditahan di penjara Tromsø di Norwegia. Selama di penjara ia merekam dua album Dauði Baldrs dan Hliðskjálf.

Vikernes adalah penggemar buku The Lord of the Rings dan mengambil nama bandnya Burzum dari kutipan buku itu "Ash nazg durbatulúk, ash nazg gimbatul,ash nazg thrakatulûk agh burzum-ishi krimpatul" ("One Ring to rule them all, One Ring to find them, One Ring to bring them all and in the Darkness bind them").

Pandangan politik[sunting | sunting sumber]

Vikernes adalah mantan anggota Cymophane, sebuah kelompok neo-Nazi Hvit Arisk Motstand (White Aryan Resistance), dan juga terlibat dalam Norsk Hedensk Front (Norwegian Heathen Front), sebuah bagian dari kelompok Jerman Heathen Front, sebuah organisasi pagan. Kedua kelompok itu didirikan dan dipimpin olehnya sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-13. Diakses tanggal 2019-01-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]