Lompat ke isi

Resolusi 330 Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Resolusi 330
Dewan Keamanan PBB
Tanggal21 Maret 1973
Sidang no.1.704
KodeS/RES/330 (Dokumen)
TopikSeputar Perdamaian dan Keamanan di Amerika Latin
Ringkasan hasil
12 mendukung
Tidak ada menentang
3 abstain
HasilDiadopsi
Komposisi Dewan Keamanan
Anggota tetap
Anggota tidak tetap

Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa 330, diadopsi pada 21 Maret 1973. Usai mengutip sejumlah resolusi Majelis Umum seputar eksploitasi sumber-sumber daya alam suatu negara oleh pihak-pihak dari negara lain, Dewan meminta agar negara-negara mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menindak kegiatan-kegiatan dari wirausaha-wirausaha yang berniat untuk mengeruk negara-negara Amerika Latin. Resolusi tersebut kemudian meminta agar negara-negara menghindari pemakaian atau mendorong jenis tindak berlebihan terhadap negara-negara di kawasan tersebut dalam rangka menjalin dan memperkuat perdamain dan keamanan di Amerika Latin.

Diadopsi dalam sebuah pertemuan di Panama City, resolusi tersebut disetujui dengan 12 suara dan tiga abstain dari Prancis, Britania Raya dan Amerika Serikat.

Isu-isu lainnya yang diperdebatkan saat di Panama meliputi kedaulatan negara tersebut atas Terusan Panama, keberadaan berkelanjutan dari kolonialime dan neo-kolonialisme, masalah pembangunan dan ketergantungan ekonomi dan Traktat untuk Pelarangan Senjata-senjata Nuklir di Amerika Latin dan Karibia. Resolusi tentang Terusan Panam gagal diadopsi karena perlawanan dari Amerika Serikat.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wellens, Karen; T.M.C. Asser Instituut (1990). Resolutions and statements of the United Nations Security Council (1946-1989): a thematic guide. BRILL. hlm. 401. ISBN 978-0-7923-0796-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]