Zodiac Killer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Portret Zodiac berdasarkan keterangan saksi

Zodiac Killer adalah sebutan untuk pembunuh berantai yang beroperasi di California Utara pada akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an. Identitasnya belum diketahui sampai hari ini. Kata Zodiac digunakan oleh penjahat sebagai tandatangan di serangkaian surat yang mengejek, yang dikirim ke media setempat. Surat itu berisi empat sandi, hanya salah satunya sudah didekripsi.[1] Zodiac melakukan serangan di Benicia, Vallejo, Danau Berryessa dan San Francisco di antara Desember 1968 dan Oktober 1969. Empat lelaki dan tiga perempuan berumur 16 sampai 29 tahun menjadi sasaran. Sejumlah tersangka telah disebutkan oleh penegak hukum dan peneliti amatir, tetapi tidak ada bukti terlibatnya dalam pembunuhan berantai itu.

Pada bulan April 2004 Departemen Polisi San Francisco menghentikan pemeriksaan perkara itu, tetapi mulai kembali pada awal tahun 2007. Perkara juga tetap terbuka di Vallejo maupun di Napa County dan Solano County. Departemen Keadilan California mempertahankan perkara yang terbuka tentang pembunuhan Zodiac sejak tahun 1969.

Daftar korban[sunting | sunting sumber]

Korban yang dikonfirmasi[sunting | sunting sumber]

Walaupun Zodiac telah mengaku 37 pembunuhan, para peneliti hanya setuju pada tujuh korban, dua di antaranya selamat.[2] Mereka adalah:

  • David Arthur Faraday (17) dan Betty Lou Jensen (16) ditembak mati di Lake Herman Road, dalam batas kota Benicia pada 20 Desember 1968.
  • Michael Mageau Renault (19) dan Darlene Elizabeth Ferrin (22) ditembak di tempat parkir Blue Rock Springs Park di Vallejo pada 4 Juli 1969. Mageau tetap hidup, sedangkan Ferrin meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.
  • Bryan Calvin Hartnell (20) dan Cecelia Ann Shepard (22) ditikam dekat Lake Berryessa di Napa County pada 27 September 27 1969. Hartnell bertahan hidup meskipun sembilan luka tusuk di belakang, tapi Shepard meninggal akibat luka-lukanya pada 29 September 1969.
  • Paul Lee Stine (29) ditembak mati di lingkungan Presidio Heights di San Francisco pada 11 Oktober 1969.

Korban yang mungkin[sunting | sunting sumber]

Korban pembunuhan di bawah ini diduga sebagai korban Zodiac, tapi tidak disetujui para peneliti.

  • Robert Domingos (18) dan Linda Edwards (17) ditembak mati di pantai sekitar Lompoc pada 4 Juni 1963. Edwards dan Domingos deidentifikasi sebagai korban Zodiac yang mungkin karena persamaan dengan serangan di Danau Berryessa.
  • Cheri Jo Bates (18) ditikam mati dan hampir dipenggal kepala dekat Riverside City College di Riverside pada 30 Oktober 1966. Hubungan antara Zodiac dan Bates yang mungkin muncul hanya 4 tahun kemudian dibunuhnya, ketika wartawan San Francisco Chronicle Paul Avery menerima sebuah pembisikan tentang persamaan keadaan pembunuhan berantai Zodiac dan kematian Bates.
  • Donna Lass (25) terakhir terlihat di Stateline, Nevada pada 6 September 1970. Sebuah kartu pos dengan reklam kondominium Forest Pines yang telah diterima Chronicle pada 22 Maret 1971 diartikan sebagai pengakuan Zodiac pada pembunuhan Lass. Tidak ada bukti tersangkutnya Zodiac dalam kelenyapannya.

Ada saja orang yang selamat ketiga setelah bertemu dengan Zodiac yang mungkin:

  • Kathleen Johns (22), menurut katanya, diculik pada 22 Maret 1970 di jalan raya 132 sebelah barat Modesto. Johns dapat melari dari mobil lelaki yang membawanya dan anak perempuannya di sesuatu tempat antara Stockton dan Patterson selama kira-kira 3 jam.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]