Zirkon hadean

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wilayah Jack Hills, Australia
Contoh mineral zirkon (bukan zirkon hadean)

Zirkon hadean adalah material kerak bumi tertua di Bumi yang berasal dari masa-masa pertama sejarah Bumi, pada eon Hadean, sekitar 4 miliar tahun lalu. Zirkon adalah mineral yang umum digunakan pada penanggalan radiometrik karena tahan terhadap perubahan kimiawi dan dan dapat ditemukan dalam wujud kristal kecil atau butiran kecil dalam batuan beku atau metamorf.

Zirkon hadean sangat jarang ditemui di bumi karena proses daur ulang material kerak yang berlangsung selama beberapa kali dalam 4 miliar tahun, yang dimana material yang ada di suatu lempeng akan ikut tersubduksi hingga akhirnya meleleh dan ter-rekristalisasi. Di Jack Hills, Australia, geolog menemukan catatan yang relatif komprehensif dari zirkon hadean yang ditemukan di sedimen batuan metamorf, yang pertamakali terdeposit sekitar 3 miliar tahun lalu. Bedasarkan properti seperti geokimia, inklusi mineral dan rasio isotop dari zirkon tersebut dapat diteliti untuk mendapatkan gambaran dari masa lalu Bumi yang jauh.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harrison, T. (2009). The Hadean Crust: Evidence from >4 Ga Zircons. Annual Review of Earth and Planetary Sciences, 37, 479-505.