Zhang Xiong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Zhang Xiong (張雄) (†18 September 893) merupakan seorang panglima perang pada akhir dinasti Tiongkok, Tang, yang, dari tahun 886 dan seterusnya, mengendalikan pasukan yang awalnya bergerak di wilayah Sungai Yangtze yang lebih rendah dan menjadi pemain kunci dalam perebutan kekuasaan antara berbagai panglima perang untuk mengendalikan Huainan (淮南, yang bermarkas di Yangzhou modern, Jiangsu) dan Sirkuit Zhenhai (鎮海, yang bermarkas di Zhenjiang modern, Jiangsu). Zhang akhirnya menetap di Shangyuan (上元, Nanjing modern, Jiangsu) pada tahun 887 dan menguasai daerah sampai kematiannya pada tahun 893.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Zhang Xiong berasal dari Lianshui (漣水, huai'an modern, Jiangsu), dan ia melayani sebagai petugas di Sirkuit Ganhua (感化, yang bermarkas di Xuzhou modern, Jiangsu) dari mana Lianshui berasal. Suatu kali, ketika rekan petugas Feng Hongduo, yang juga dari Lianshui, dituduh tidak pantas oleh administrator wilayah, Zhang berbicara atas namanya, dan tindakan Zhang menyebabkan gubernur militer Ganhua (Jiedushi) Shi Pu mencurigai keduanya.[1] Pada tahun 886, mengetahui bahwa Shi mencurigai mereka, Zhang dan Feng mengumpulkan 300 orang dan meninggalkan Ganhua bersama mereka, menyeberangi Sungai Yangtze untuk menyerang Prefektur Su (蘇州, Suzhou modern, Jiangsu), yang kemudian menjadi milik Sirkuit Zhenhai. Mereka menangkapnya, dan Zhang menuntut gelar prefek. Akhirnya, ia mampu mengumpulkan pasukan yang mencapai 50.000 orang, dengan 1.000 kapal, dan memanggil pasukannya Tentara Tiancheng (天成軍).[2]

Keliling kampanye[sunting | sunting sumber]

Pendudukan Zhang Xiong terhadap Su Prefecture menarik ketidaksenangan dan ketakutan terhadap gubernur militer Zhenhai Zhou Bao. Ketika Zhou mendengar bahwa Xu Yue (徐 約), seorang perwira di bawah saingan Zhou, Gao Pian gubernur militer Huainan, memiliki pasukan yang kuat, dia mendorong Xu untuk menyerang Su Prefecture, berjanji untuk memberikan prefektur kepadanya jika Xu berhasil. Pada musim panas tahun 887, Xu menyerang Zhang; Zhang tidak mampu menahan serangan itu, dan dia membawa pasukannya ke timur menuju Laut Tiongkok Timur.[3] Dia mengirim petugasnya Zhao Hui (趙暉) dengan bagian dari tentara dan bagian dari armada barat di Yangtze untuk mengambil alih Shangyuan, dan Zhao dapat melakukannya.

Sementara itu, ibu kota Huainan, Prefektur Yang (揚州) telah terlibat dalam peperangan internecine, karena perwira Bi Shiduo, takut bahwa ahli sihir Gao yang terkenal, Lü Yongzhi hendak membunuhnya, memberontak dan merebut Prefektur Yang, mengambil Gao di bawah kendalinya. Zhang menggunakan kesempatan ini untuk mendekatinya, menghentikan pasukannya di Dongtang (東塘, Yangzhou modern), dekat Prefektur Yang. Selanjutnya, perang lagi meletus antara Bi dan sekutunya, Qin Yan gubernur (觀察使, Guanchashi) Sirkuit Xuanshe (宣歙, yang bermarkas di Xuancheng modern, Anhui) (yang menawarkan Bi menjadi gubernur militer Huainan) dan Yang Xingmi yang sempurna dari Prefektur Lu (廬州, Hefei modern, Anhui), yang menempatkan Prefektur Yang dikepung. Qin dan Bi menginginkan bantuan Zhang, karena mereka kehabisan persediaan makanan, dan mereka menukarkan kekayaan kota untuk persediaan makanan dari Zhang. Namun, tentara Zhang, setelah mereka menerima kekayaan kota, menolak untuk terlibat dalam pertempuran atas nama Qin dan Bi. Setelah itu, Yang Xingmi merebut kota, dan Qin dan Bi melarikan diri.. Mereka awalnya mencoba bergabung dengan Zhang, tetapi Zhang menolak untuk menerima mereka, dan mereka malah bergabung dengan Qin Zongheng (秦宗衡), saudara Qin Zongquan, yang telah memproklamirkan dirinya sebagai kaisar di Sirkuit Fengguo (奉國, yang bermarkas di Zhumadian modern, provinsi Henan). (Qin Zongheng kemudian dibunuh oleh letnannya Sun Ru, yang kemudian mengeksekusi Qin Yan dan Bi, mengalahkan Yang Xingmi, dan mengambil alih Prefektur Yang.)

Sementara itu, dengan Zhou kehilangan kendali atas Sirkuit Zhenhai dalam pemberontakan, banyak prajurit Zhou melarikan diri ke Zhao. Zhao kemudian menjadi sombong, dan dia membangun kembali Puri Tai (臺城), mekanisme pertahanan utama Jiankang, ibu kota kuno Dinasti Selatan, sebagai kediamannya, dan mulai hidup mewah. Dia juga berhenti berkomunikasi dengan Zhang. Ketika Zhang meninggalkan Dongtang dan maju ke barat di Yangtze, Zhao lebih lanjut mencoba menghentikannya. Dalam kemarahan, Zhang menyerang Shangyuan dan menangkapnya. Zhao melarikan diri tetapi dibunuh oleh bawahannya sendiri. Zhang membunuh semua prajurit Zhao yang menyerah, dan menetap di Shangyuan.

Kendali Shangyuan[sunting | sunting sumber]

Sementara itu, Yang Xingmi telah kembali ke Prefektur Lu dan sedang merencanakan untuk menyerang Zhao, Huang gubernur Xuanshe (yang ditinggalkan Qin Yan yang bertanggung jawab atas Xuanshe ketika dia pergi untuk berkuasa untuk menguasai Huainan). Yang membujuk Zhang Xiong dan Sun Duan (孫端) prefek Prefektur He (和州, Chaohu modern, Anhui) untuk pertama menyerang Zhao, memaksa Zhao untuk melibatkan mereka. Sementara Zhao mampu mengalahkan Zhang dan Sun, Yang kemudian sendiri menyerang Zhao dan mengalahkannya, akhirnya menangkap ibu kota Prefektur Xuan (宣州) dan mengambil alih Xuanshe sebagai gubernurnya.

Pada tahun 890, Kaisar Zhaozong yang masih berkuasa mendirikan Prefektur Sheng baru (昇州) di Shangyuan dan menjadikan Zhang sebagai prefeknya.[4] Zhang meninggal pada tahun 893, dan Feng Hongduo menggantikannya sebagai prefek.[5] Dikatakan bahwa tentara Zhang merindukannya karena keterampilan kepemimpinannya, dan mereka membangun sebuah kuil untuk memujanya.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kitab Dinasti Tang Baru, vol. 190.
  2. ^ Zizhi Tongjian, vol. 256.
  3. ^ Zizhi Tongjian, vol. 257.
  4. ^ Zizhi Tongjian, vol. 258.
  5. ^ Zizhi Tongjian, vol. 259.