Yong ying

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tentara Qing dibedakan menjadi: Tentara Kamp Hijau (兵; bīng, prajurit/tentara biasa) dan Pemberani (勇; yǒng, tentara yang direkrut khusus), ditulis dengan aksara Han pada seragam mereka.

Yong ying (Hanzi: 勇營; Pinyin: yǒng yíng; Wade–Giles: yung-ying, secara harfiah "kamp berani/pemberani") adalah jenis tentara regional yang muncul pada abad ke-19 dalam jajaran tentara Dinasti Qing, yang bertempur di sebagian besar perang yang berlangsung di Tiongkok setelah Perang Candu. Dalam banyak pemberontakan yang terjadi, terungkap bahwa pasukan Delapan Panji serta Tentara Kamp Hijau Manchu tidak efektif. Yong ying diciptakan dari milisi regional/lokal (tuanlian), terinspirasi dari zaman Dinasti Zhou.[1]

Riwayat tuanlian[sunting | sunting sumber]

Tuanlian (團練, tuánliàn) adalah istilah untuk milisi lokal yang dibuat pada zaman Dinasti Zhou. Pada Mei 1645, pemimpin pemberontak Li Zicheng dibunuh oleh tuanlian pemilik tanah lokal di Provinsi Hubei.

Selama pemerintahan Kaisar Jiaqing, karena pembentukan militer resmi yang korup dan tidak efektif seperti Delapan Panji dan Tentara Kamp Hijau yang ternyata tidak mampu mengatasi Pemberontakan Seroja Putih, maka kekaisaran Qing mulai memerintahkan bangsawan lokal dan pemilik tanah di sepuluh provinsi untuk membentuk dan mengatur tuanlian guna membela diri, dengan pendanaan dan kontrol berada di tangan bangsawan lokal dan pemilik tanah.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 谭伯牛. "In Chinese:团练之弊 谭伯牛". Book.sina.com.cn. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 7, 2011. Diakses tanggal 2008-12-21. 
  2. ^ 谭伯牛. "In Chinese:团练之弊 谭伯牛". Book.sina.com.cn. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 7, 2011. Diakses tanggal 2008-12-21.