Yinxiang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yinxiang, Pangeran Yi

Yinxiang, Pangeran Yi (怡親王胤祥; pinyin: Yìnxiáng; Wade-Giles: Y'in-hsiang; nama gelar: Xián 賢) (1686—April 1730), seorang Manchu dari keluarga Aisin-Gioro adalah bangsawan Dinasti Qing yang terlahir sebagai putera ketiga belas dari Kaisar Kangxi. Ibunya adalah seorang selir dari Kaisar Kangxi, Selir Min dari keluarga Janggiya.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Sebagai putera ketiga belas dari Kaisar Kangxi, Yinxiang diberi gelar Pangeran Kerajaan ketiga belas pada saat dilahirkan, dan kemudian menerima gelar Pangeran Yi. Selir Min melahirkan tiga anak untuk Kaisar dalam kurun waktu 4 tahun. Dia adalah yang tertua, dan putera ketiga belas yang masuk dalam catatan keluarga. Ibunya mati muda, ketika Yinxiang berumur 14 tahun, kemudian dia diadopsi oleh Selir De, ibunda dari Yinzhen yang akhirnya menjadi Kaisar Yongzheng.

Kontribusi kepada negara[sunting | sunting sumber]

Yinxiang merupakan pendukung setia/sekutu Yinzhen. Pada saat Yinzhen menjadi Kaisar, Yinxiang bekerja keras membantunya dalam mengatasi masalah negara, alhasil tubuh Yinxiang menjadi lemah dan sering sakit.

Pada tahun 1725, Yinxiang dikirim ke Zhili (Sekarang Hebei) untuk mengatasi masalah air, termasuk mengontrol banjir dan transportasi. Ketika kembali ke Beijing, Yinxiang terserang penyakit serius.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Yinxiang meninggal pada bulan April 1730, dan diberi nama gelar Xian (賢), dengan tambahan 8 karakter huruf (忠敬诚直勤慎廉明). Dia mendapat pujian dan sangat disayangi oleh Kaisar. Yongzheng memerintahkan berkabung selama tiga hari yang tidak boleh ada urusan administrasi digelar di kerajaan. Keturunan generasi kelima Yinxiang, Zaiyuan juga merupakan politikus terkenal dunia politik Dinasti Qing.

Yinxiang Dalam Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Tokoh Yinxiang dapat ditemukan dalam Film yang berjudul "Shang Shu Fang" atau "The Prince's Study". Di dalam film tersebut, Yinxiang berperan sebagai Mentri yang sangat dipercaya sekaligus adik yang sangat disayangi oleh Yongzheng. Selain sebagai paman Hongli, Yinxiang juga merupakan teman baiknya dan sering membantu menyelesaikan masalah - masalahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Yinxiang: How did he become involved in the fight for the throne?
  • Wikipedia England, Prince Yi, Yinxiang.
Yinxiang
Didahului oleh:
Gelar diciptakan
Pangeran Yi
1686-1730
Diteruskan oleh:
Pangeran Yi kedua, Hongxiao