Yeon Taejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Yeon Taejo (?-616?) (연태조, 淵太祚) merupakan seorang Magniji (Perdana Menteri) Goguryeo selama masa pemerintahan Raja Pyeongwon dan Raja Yeongyang. Ia merupakan ayah Yeon Gaesomun, dan dikenal mengambil sikap agresif melawan Dinasti Sui bersama dengan Panglima Tertinggi Eulji Mundeok.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Yeon Taejo merupakan putra dari Magniji sebelumnya Yeon Ja-yu, dan ayah dari Yeon Gaesomun, Yeon Jeongto, dan saudara perempuan mereka satu-satunya. Di dalam hidupnya, ia merupakan Daedaero Provinsi Barat Goguryeo [1], dan juga merupakan Magniji Goguryeo setelah kematian ayahnya.

Perang Goguryeo-Sui[sunting | sunting sumber]

Setelah kemenangan Goguryeo atas Dinasti Sui, pertikaian terjadi di antara istana Goguryeo. Faksi Utara, yang sangat menentang Sui, dan faksi Selatan, yang ingin berdamai dengan Sui, jatuh ke dalam perdebatan antara setuju atau tidak Goguryeo harus mengambil kesempatan menyerang Sui selagi mereka disibukkan dengan pemberontakan Yang Xuangan. Faksi Utara terdiri dari Yeon Taejo, Eulji Mundeok dan para pejabat militer, dan faksi Selatan terdiri dari Pangeran Besar Go Geon-Mu, dan para pejabat sarjana. Faksi Selatan memenangkan perdebatan tersebut, dan Yeon Taejo berusaha untuk memberikan posisinya kepada putranya yang tertua Yeon Gaesomun, namun berhenti atas protes dari Daedaeros lain. Ini mengakibatkan kematian Yeon Taejo tanpa melihat pewaris yang pantas atas posisinya.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Posisi Yeon Taejo sebagai Magniji diberikan kepada Eulji Mundeok, dan akhirnya kepada Yeon Gaesomun. Posisi Daedaero Provinsi Timur juga diberikan kepada putranya yang tertua. Yeon Gaesomun kemudian memimpin sebuah kudeta yang menggulingkan Go Geon-mu, yang menjadi Taewang ke-27 Goguryeo. Yeon Gaesomun memimpin Goguryeo dengan jayanya selama satu periode terakhir sebelum keruntuhannya pada tahun 668 di tangan aliansi Tang-Silla.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Yeon Ja-yu
Daedaero Provinsi Barat Goguryeo
? - 616?
Diteruskan oleh:
Akhirnya Yeon Gaesomun
Didahului oleh:
Yeon Ja-yu
Magniji (Perdana Menteri) Goguryeo
? - 616?
Diteruskan oleh:
Eulji Mundeok