Yahoo! Answers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yahoo! Answers
Yahoo!Answers.png
URL answers.yahoo.com
Komersial? Ya
Jenis situs Kolaborasi
Pendaftaran Ya
Bahasa China, Inggris, Perancis, Jerman, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Spanyol, Thailand, Vietnam
Pemilik Yahoo!
Diluncurkan 28 Juni 2005
Status saat ini Active

Yahoo! Answers (Y!A) merupakan salah satu situs tanya jawab. Situs ini merupakan salah satu situs yang dibuat oleh Yahoo! pada tahun 2005. Beberapa situs lain yang dibuat adalah Yahoo! Mail, Yahoo! Groups, Yahoo! News, dan Yahoo! Finance. Yahoo! sendiri merupakan perusaahan multifinance. Di dalam situs ini, para penggunanya bisa mendapatkan berbagai macam informasi dengan menanyakannya di Yahoo! Answers ini. Kemudian para pengguna lain dapat menanggapinya dengan memberikan jawaban atas pertanyaan yang ada. Berbagai informasi dapat ditanyakan disini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yahoo! Answers ini mulai dibuat pada tanggal 28 Juni 2005. Yahoo! Answers ini sebenarnya merupakan peralihan dari situs tanya jawab yang dimiliki Yahoo! sebelumnya yaitu Ask Yahoo![1] Namun di Indonesia baru ada pada tahun 2007. Pada tahun 2009 pengguna Yahoo! Answers ini mulai mencapai 179 juta pengguna. Situs ini sudah ada di 26 negara dengan 12 bahasa. Mulai pada tahun 2010, para penggunanya dapat mengakses Yahoo! Answers ini melalui ponsel masing-masing.

Cara Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Yahoo! Answers adalah situs yang menawarkan tempat bagi penggunanya untuk menyakan berbagai topik di dalamnya. Para pengguna lainnya pun dapat menjawab berdasarkan dengan fakta, data maupun pengalaman pribadi[2]. Para penggunanya dapat mempertanyakan berbagai macam pertanyaan. Kemudian pertanyaan tersebut dikategorikan ke dalam klasifikasi yang telah disediakan di dalam situs Yahoo! Answers ini. pengkategorian ini akan mempermudah pengguna lain dalam menemukan pertanyaan yang kemudian akan mereka jawab. Dalam menjawab suatu pertanyaan, penggunanya dapat mengambil dari berbagai sumber selama tetap mencantumkan asal sumber informasinya. Pertanyaan yang telah dipublikasikan akan mendapat waktu selama 4 hari untuk dijawab oleh orang lain. Namun pihak penanya dapat memperpanjang maupun memperpendek waktu tersebut. Untuk dapat ikut menggunakan situs ini perlu mempunyai akun Yahoo! Terlebih dahulu. Disini para penggunanya dapat menggunakan avatar atau mengunggah foto sebagai salah satu identitas yang dapat dikenali oleh pengguna lainnya. Penggunanya juga harus mempunyai Yahoo! ID mereka meskipun tetap dapat memilih menggunakan nama apapun untuk akun mereka. Terdapat sistem poin dalam dalam cara kerja situs ini. dimana bagi mereka yang memberi jawaban akan dipilih satu orang yang akan menjadi jawaban terbaik. Jawaban terbaik ini dapat dipilih oleh penanya maupun voting dari komunitas. Terkadang jika terdapat jawaban yang sangat memuaskan satff dari Yahoo! Answers sendiri juga akan memberikan nilai tambahan tersendiri, dengan menambah memberikan poin. Sistem poin ini bertujuan untuk mendorong dalam memberikan jawaban yang jitu[3]. Terdapat pula sistem level. Dimana sistem level ini tidak mempunyai nilai nyata dalam dunia asli. Poin tersebut tidak dapat digunakan untuk membeli atau menebus barang apaun di dunia nyata[4]. Karena poin dan level tersebut dipergunakan untuk memancing semangat dalam ikut dan aktif membantu.

Sistem Poin dan Tingkat[sunting | sunting sumber]

Sistem Poin[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa jenis poin. Termasuk didalamnya poin tambahan bagi yang turut membantu maupun poin penguran karena adanya pelanggaran

Tabel Poin
Tindakan Poin
Mulai berpartisipasi di Yahoo! Answers Satu Kali: 100
Ajukan pertanyaan -5
Pilih jawaban terbaik untuk pertanyaan Anda 3
Tidak ada Jawaban Terbaik yang dipilih voter atas pertanyaan Anda Poin Dikembalikan: 5
Jawab pertanyaan 2
Hapus jawaban -2
Login ke Yahoo! Answers Sekali sehari: 1
Beri suara untuk jawaban 1
Vote untuk Tidak ada jawaban terbaik 0
Jadikan jawaban Anda terpilih sebagai jawaban terbaik 10
Dapatkan penilaian "acungan jempol" pada jawaban terbaik yang Anda tulis (dihitung hingga 50 acungan jempol) 1 per "acungan jempol"
Terjadi Pelanggaran -10

Sistem Tingkat[sunting | sunting sumber]

Terdapat juga tingkatan bagi guna meningkatkan keaktifan penggunanya. Tingkat ini dinilai berdasarkan keaktifan penggunanya dalam mengajukan pertanyaan maupun memberi jawaban. Dengan semakin tinggi tingkat yang dipunyai oleh penggunanya, maka semakin tinggi pula kontribusi yang dapat diberikan ke Yahoo! Answers sendiri.

Tabel Tingkat
Tingkat Poin Pertanyaan Jawaban Komentar Bintang Penilaian Vote
7 25.000+ 20 80 40 100 tidak terbatas 400
6 10.000 - 24.999 20 80 40 100 tidak terbatas 400
5 5.000 - 9.999 20 80 40 100 tidak terbatas 200
4 2.500 - 4.999 20 80 40 100 tidak terbatas 100
3 1.000 - 2.499 15 60 30 100 tidak terbatas 75
2 250 - 999 10 40 20 100 tidak terbatas 50
1 1 - 249 5 20 10 10 0 25

Pedoman[sunting | sunting sumber]

Anjuran[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa peraturan yang mengikat di situs ini. karena pada dasarnya Yahoo! Answers merupakan suatu komunitas dimana anggotanya dapat bertanya dan memberi informasi. Dan untuk menjaga komunitas tersebut agar tetap aman dan terpercaya terdapat beberapa pedoman aturan di dalamnya. Pedoman ini berasal dari Pedoman Komunitas Yahoo! dan Ketentuan Layanan Yahoo ![5]. Terdapat beberapa pedoman penggunaan situs ini. Berikut adalah anjuran penggunaan Yahoo! Answers:

  1. Berbagi pengetahuan yang dipunyai penggunanya. Karena Yahoo! answers merupakan situs yang berfondasi akan pengetahuan dan pengalaman penggunanya dalam berbagai hal. Hal tersebut mungkin dapat membantu pengguna lain dalam memecahkan masalah mereka dengan menanyakannya ke situs ini, dengan mendapat jawaban atas pengetahuan maupun opini berdasar pengalaman yang dipunyai pengguna lainnya.
  2. Yahoo! Answers adalah suatu komunitas dengan anggotanya yang terdiri dari berbagai macam latar belakang. Karena banyaknya macam latar belakang inipun para penggunanya diharapkan dapat bersikap sopan dan santun mengingat latar belakan masing-masing penggunanya.
  3. Berperan menjadi anggota yang baik. Dengan cara memberi penghargaan atas konten yang istimewa. Juga saat melihat adanya penyalahgunaan langsung segera dilaporkan. Karena pembangunan situs ini berdasarkan komunitas. Maka dari itu perlu adanya kontrol daari penggunanya pula dalam membangun Yahoo! Answers.
  4. Dalam menjawab pertanyaan diharapkan dapat menyebutkan sumber secara jelas. Karena jawaban dari pertanyaan yang diperlukan adalah jawaban yang konkrit dan nyata sehingga dapat dipercaya. Sehingga pengguna yang bertanya dapat mengaplikasikan jawaban yang ada secara nyata.
  5. Mengajukan pertanyaan secara jelas. Dalam situs ini terdapat langkah yang harus ditempuh penanya sebelum pertanyaannya dipublikasikan. Salah satunya adalh kategori pertanyaan. Adanya kategori pertanyaan ini dapat membantu pengguna lain yang ingin menjawab dan dapat membantu penanya agar mendapat jawaban yang lebih baik berdasar kategori pertanyaan yang telah dipilih.
  6. Memilih kategori secara benar. Hal ini membantu pengguna yang ingin menjawab dalam mencari pertanyaan yang dapat dijawab.

Larangan[sunting | sunting sumber]

Terdapat pula larangan situs ini dalam pedoman penggunaannya. Dalam pelanggarannya dalam menggunakan Yahoo! Answers, penggunanya dapat dihilangkan akun Answer nya. Dan dalam kasus yang lebih ekstrem, pengguna tersebut dapat dihapus Yahoo! ID nya sehingga kehilangan semua layanan Yahoo! atas akun yang telah dihapus. Berikut larangannya:

  1. Melampiaskan emosi, mengumbar akan suatu hal, dan menggunakan kata-kata bersifat membenci akan sesuatu. Yahoo! Answers merupakan komunitas yang mempunyai kepercayaan akan pengetahuan dan pengalaman dan opini penggunanya terhadap suatu hal. Dengan melampiaskan emosi berarti tidak dapat menunjukkan kredibilitasnya dalam menjawab maupun memberi pertanyaan yang akan dilempar ke publik.
  2. Chatting atau berdiskusi dalam Yahoo! Answers. Situs ini bukan merupakan situs untuk mengadakan obrolan maupun diskusi. Yahoo! Answers merupakan situs tanya jawab. Sehingga tidak diperkenankan di dalam situs ini untuk saling mengobrol. Terlebih lagi terdapat produk Yahoo! lain yang memang dibuat untuk saling mengobrol maupun berdiskusi. Seperti Yahoo! Messenger dan Yahoo! Groups.
  3. Berkata kasar dan tidak senonoh. Batas pengguna Yahoo! Answers ini adalah anak berusia mininal 13 tahun. Oleh karena itu demi saling menjaga keamanan, penggunaan situs ini dilarang memakai kata-kata kasar dan tidak senonoh. Ejekan, hinaan, makian dan berbagai penggunaan kata-kata kasar didini tidak diperbolehkan.
  4. Mengeksploitasi komunitas. Pengguaan Yahoo! Answers sebagai sarana untuk dapat menaikkan pelanggan, mendapat teman kencan, dan menaikkan pengunjung web pribadi tidak diperkenankan situs ini. Penggunanya diperbolehkan meletakkan link pada web pribadinya untuk menambah sumber atas jawaban yang diberikan. Namun pengguna tidak boleh meletakkan link secara cuma-cuma dan sengaja dan tidak berkaitan dengan topik untuk kepentingan pribadi.
  5. Berbuat curang. Penggunaya dilarang berbuat curang dengan tujuan mendapat poin tambahan. Penggunya dilarang membuat beberapa kaun untuk dapat menambah poin dengan misalnya memilih jawabannya sendiri menjadi jawaban terbaik. Meminta tambahan poin dari pengguna lain juga tidak diperbolehkan. Karena sistem poin dimaksudkan untuk meningkatkan semangat dalam beraktivitas di dalam situs Yahoo! Answers ini. Selain itu, penggunanya dilarang asal memposting jawaban hanya agar menjadi penjawab pertama, terlebih lagi penggunanya dilarang untuk meng-copy paste jawaban orang lain.
  6. Tidak ada kelebihan dimana pengguna Yahoo! Answers ini kebal dari hukum. Setiap perilaku yang ada di dalam situs ini tetap diawasi dan berdasarkan hukum yang berlaku di wilayah setempat. Sehingga penggunanya dilarang untuk menipu orang lain, mengumbar informasi pribadi, maupun mencuri sesuatu, seperti data diri pengguna lain, merek barang maupun hak cipta orang lain. Dalam situs ini pun dilaran untuk mengancam, melecehkan, atau melukai pengguna lainnya.
  7. Para pengguna dalam Yahoo! Answers juga dilarang untuk bertindak merusak situs ini. Seperti misalnya mengirim atau meletakan link-link virus yang di kemudian hari dapat mengganggu proses kerja Yahoo! Answers.
  8. Menyalahgunakan Answer. Dilaran dalam penggunaan akun Answer ini untuk membuat banyak akau hanya untuk mengejek karena melanggar ketentuan yang ada. Dilarang pula melaporkan penyalahgunaan atau menilai jawaban dan pertanyaan pada sebuah akun-akun tertentu. Karena penilaian dan berkembangnya situs komunitas ini bergantung pada para penggunanya. Sehingga diharapkan untuk menilai sesuatu seobjektif mungkin.
  9. Dalam situs ini penggunaya diharap untuk dapat bertanggunag jawab akan dirinya sendiri. Penggunanya diharap menggambarkan dirinya secara baik. Dengan tidak mengakui barang yang bukan miliknya, dan mengganggu pengguna lainnya.

Batas minimal pengguna Yahoo! Answer adalah 13 tahun. Oleh karena itu, terdapat panduan untuk orang tua dalam hal pengawasan anaknya dalam menggunakan situs ini[6]. sehingga keamanan dalam menggunakan akun tersebut dapat dijamin. Beberapa hal dapat dilakukan oleh orang tua. Yang pertama adalah pemilihan nama panggilan. Penggunaan nama panggilan akan menyembunyikan identitas asli sehingga para pengguna asing lain tidak akan mudah melacak pemakai akun tersebut. Lalu gunakan nama panggilan yang umum dipakai. Hal lain yang perlu dilakukan adalah penggunaan avatar pada akun anak. Penggunaan avatar dibanding dengan foto pribadi akan mencegah pengenalan identitas kepada orang asing. Sehingga privasi yang penggunan akan lebih terjaga karena gambaran foto aslinya tidak ada. Terlebih lagi penyalahgunaan foto pribadi dapat diantisipasi dalam hal ini. hal berikutnya adalah membatasi komunikasai dengan pengguna lain. Terdapat pengaturan yang tidak akan menampilkan alamat e-mail sehingga anak tidak akan berhubungan dengan akun yang tidak diinginkan. Dan langkah lain adalah dengan melaporkan penyalahggunaan ke Yahoo!

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://ask.yahoo.com/ Ask Yahoo!
  2. ^ http://id.answers.yahoo.com/info/product_tour;_ylt=AvgUIF.5AGqC8ysfGtRiliedRAx.;_ylv=3 Cara Menggunakan Yahoo! Answers
  3. ^ http://id.answers.yahoo.com/info/scoring_system;_ylt=At4RxQXGW1R0SjNVpoqy2bn1RQx.;_ylv=3 Poin Yahoo! Answers
  4. ^ http://id.answers.yahoo.com/info/scoring_system;_ylt=At4RxQXGW1R0SjNVpoqy2bn1RQx.;_ylv=3 Tingkat Yahoo! Answers
  5. ^ http://info.yahoo.com/legal/id/yahoo/utos/ Ketentuan Layanan Yahoo!
  6. ^ http://help.yahoo.com/l/id/yahoo/answers/safety/safety_features.html;_ylt=Ap5fpzF9eXzWqqFqmwsQzRnTsSV4 Pengamanan Penggunaan Anak

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]