Wu Shu-chen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wu Shu-chen

Wu Shu-chen or Wu Shu-jen (Hanzi: 吳淑珍, hanyu pinyin: Wu Shuzhen) (lahir 11 Juli 1953) adalah istri Chen Shui-bian, Presiden Republik Tiongkok. Wanita ini lahir di Madou, Negara Tainan, di sebuah keluarga dokter.

Menikah[sunting | sunting sumber]

Ia menjalani studi di Madou High School dan Universitas Nasional Chung Hsing. Setelah beberapa lamanya, ia bertemu dengan Chen Shui-bian dalam kelas yang sama. Pada 20 Februari 1975, ia menikah dengan Chen Shui-bian di Taipei. Chen Shui-bian kemudian belajar lagi di akademik periklanan dari profesor Weng YueSheng yang menyaksikannya ketika keduanya menikah.

Sebagai tersangka dalam kasus korupsi[sunting | sunting sumber]

Pada 11 Juli 2006, ia diajukan pertanyaan oleh Jaksa Penuntut Tzeng Yi-sheng terkait hadiah sekitar Rp 300 juta dari Sogo selama tiga jam di Rumah Sakit Universitas Nasional Taiwan. Parlemen Taiwan dari kalangan oposisi menuduhnya telah menerima hadiah dari Sogo dan kemungkinan merupakan imbalan karena Wu membantu kelancaran bisnis Sogo. Seorang menantunya juga didakwa melakukan perdagangan saham ilegal.

Pada Desember 2006, ia dituntut dengan tuduhan korupsi dan pencurian bersama tiga orang lain. Suaminya juga diduga melakukan kejahatan yang sama, tapi tidak bisa dituntut karena memiliki kekebalan hukum sebagai presiden sampai Mei 2008. Wu diduga terlibat dalam penyalahgunaan dana simpanan yang jumlahnya mencapai lebih dari TWD 14,8 juta (sekitar Rp 4,11 miliar). Wu diduga melakukan tindak pidana korupsi, pemalsuan dokumen, dan sumpah palsu. Dugaan itu terjadi antara Juli 2002 hingga Maret 2006.