World Conservation Monitoring Centre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

World Conservation Monitoring Centre (WCMC) adalah badan eksekutif dari United Nations Environment Programme (UNEP), bermarkas di Cambridge, Inggris. WCMC telah menjadi bagian dari UNEP sejak tahun 2000, dan berwenang kepada penanganan dan dukungan biodiversitas untuk pembangunan kebijakan dan implementasinya. World Conservation Monitoring Centre sebelumnya adalah organisasi independen yang secara gabungan diatur oleh IUCN, UNEP, dan WWF, didirikan pada tahun 1988

Aktivitas WCMC termasuk penanganan biodiversitas, dukungan kepada konvensi internasional seperti Convention of Biological Diversity (CBD) dan Convention of International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES).

WCMC memiliki diberi mandat untuk menfasilitasi pengiriman indikator global di bawah CBD 2010 Biodiversity Target mengenai rata-rata tingkat kehilangan keragaman biologis. WCMC juga mengatur database dunia mengenai area terlindungi (World Database of Protected Areas) bekerja sama dengan Komisi Dunia mengenai area terlindungi IUCN. Serangkaian peta dunia mengenai topik keragaman biologis telah diterbitkan WCMC melalui University of California Press.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]