Wolverine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wolverine

Marvelwolverine.jpg
Promosi untuk komik New Avengers #5 (Maret 2005)
oleh David Finch

Penerbit Marvel Comics
Muncul
perdana
The Incredible Hulk #180-181 (Okt.-Nov. 1974)
Pencipta Len Wein
John Romita, Sr.
Karakteristik
Nama Karakter James Howlett
Spesies Mutan
Afiliasi
kelompok
X-Men
New Avengers
X-Force
S.H.I.E.L.D.
Horsemen of Apocalypse
Alpha Flight
Weapon X
Weapon Plus
Department H
HYDRA
The Hand
New Fantastic Four
Alias Logan, Death, Patch, Weapon X, Agent Ten, Project X, Hand of God, Mai'Keth, Emilio Garra, Peter Richards, "Canucklehead", James Logan, Mutant #9601, Wildboy
Kemampuan kemampuan menyembuhkan diri sendiri
Indera keenam, kekuatan super, stamina, kecepatan, and refleks
Struktur keranagka terbuat dari Adamantium dengan cakar yang bisa disembunyikan
Tidak terpengaruh oleh serangan telepati
Ahli bela diri

Wolverine adalah salah satu anggota X-Men. Terlahir dengan nama James Howlett. Nama lainnya adalah Logan atau Weapon-X. Kata Wolverine sendiri diambil dari nama hewan dari California yang diyakini sebagai jelmaan iblis. Beredar kabar seseorang telah melihat hewan tersebut memakan beruang yang ukurannya lebih besar darinya.

Dalam cerita X-men dikisahkan Wolverine lupa ingatan. Kemudian ia bertemu dengan Charles Xavier atau Prof. X yang kemudian berjanji akan membantunya untuk mencari jati dirinya. Pada saat ia pertama kali memasuki X-Mansion, ia bertemu dengan Jean Grey dan langsung jatuh cinta padanya. Namun Jean sudah menjadi milik Scott Summers alias Cyclops. Selain pertemuannya dengan Jean, Wolverine juga mengalami banyak hal setelah pertemuannya dengan Prof.X, seperti bentrok dengan para anak buah Magneto yaitu Sabretooth, Mistique dan lain-lain.

Diceritakan pula bahwa Wolverine adalah objek dari suatu Experiment Super Soldier yang diketuai oleh Wiliam Stryker, sehingga Wolverine memiliki kerangka kuat yang terbuat dari Adamantium (jenis logam yang cuma ada di dunia fiksi Marvel Comics) berikut tiga cakarnya yang bisa keluar-masuk dari sela-sela jarinya (kecuali sela-sela ibu jari dengan jari telunjuk). Sebelum menjadi obyek percobaan, Wolverine telah memiliki keistimewaan tersendiri sebagai mutan, yaitu bisa menyembuhkan luka atau penyakitnya sendiri secara cepat atau regeneration dan juga memiliki indera dan insting binatang buas. Keistimewaan inilah yang membuat Stryker tertarik untuk menjadikannya obyek untuk eksperimen tentara super.Lalu mereka menubuhkan satu team yang diketuai oleh Wolverine. Setelah Wolverine tahu akan niat jahat Wiliam Stryker,lalu dia keluar dari organisasi itu. Setelah beberapa tahun kemudian,Wiliam Stryker muncul kembali untuk memberi amaran kepada Wolverine kerana salah seorang ahli kumpulan mereka yang dahulu telah dibunuh.Tetapi Wolverine tidak mempedulikannya. Teman wanita Wolverine telah dibunuh oleh Victor Creedalias Sabretooth.Wiliam Stryker telah memberi tawaran kepada Wolverine jika dia ingin membunuh Victor Creed. Yaitu dengan menjalankan eksperimen terhadap badannya. Setelah mendapati bahwa Victor Creed telah diupah oleh Wiliam Stryker.Wolverine ingin membunuh kedua-dua nya. Victor creed menolong Wolverine ketika berlawan dengan "Deadpool" a.k.a weapon 11. Wiliam Stryker telah menghapuskan memori Wolverine dengan menembak di kepala menggunakan peluru Adamantium. Akhirnya Wiliam Stryker ditangkap karena membunuh General Askar disebabkan ingin meneruskan rancangan jahat nya.Setelah mengembara selama berberapa tahun tanpa mengenali siapa diri nya, akhirnya Wolverine memasuki organisasi yang digelar X-Men kerana Prof.Xavier ingin membantunya pulihkan ingatan Wolverine.Akhirnya Wolverine telah menjadi anggota tetap organisasi X-Men.Tujuan X-Men adalah untuk membantu mutan yang disisih masyarakat dan menghalang berlakunya peperangan yang berlaku antara manusia dan mutan.Setelah sekian lama organisasi X-Men ini beroperasi di dalam sekolah Xavier,akhirny pemerintah melancarkan operasi secara sulit untuk menangkap kesemua mutan-mutan di dalam sekolah itu. Operasi itu diketuai oleh Wiliam Stryker yang telah kembali kerana pada zaman dahulu dia ditangkap kerana membunuh jeneral askar. Ketika operasi ini dijalankan,di situlah wiliam stryker bertemu kembali mutan ciptaanya iaitu Wolverine.Dia memberitahu perkara yang berlak pada waktu dahulu,tetapi Wolverine sudah hilang ingatan. Cuma beberapa imbasan ketika ia wiliam stryker melakukan besi adamantim ke dalam badanya.