William Ellery Channing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
William Ellery Channing

William Ellery Channing adalah pengkhotbah Unitarian terkemuka di Amerika Serikat pada awal abad kesembilan belas dan bersama dengan Andrews Norton, salah satu teolog terkemuka Unitarianisme.[1] Dia dikenal karena mengartikulasikan dengan semangat khotbah dan pidato publik, dan sebagai seorang pemikir terkemuka dalam teologi liberal.[1] Bertentangan dengan ortodoksi Calvinis tradisional Amerika, Channing disukai karena adanya hubungan lembut penuh kasih dengan Allah.[1] Ia menentang Calvinisme dalam hal ‘’Menyatakan Allah yang harus ditakuti’’.[1] Kita diberitahu untuk mencintai dan meniru Tuhan, tetapi juga bahwa Allah melakukan hal-hal yang kita anggap paling kejam dalam setiap hidup manusia.[2] Pada tahun 1803 Channing disebut sebagai pendeta Gereja Federal Street di Boston, di mana ia tinggal selama sisa hidupnya.[2] Dia tinggal di antara ketegangan antara agama dan konservatif liberal dan ia mengambil posisi moderat, menolak ekstrem kedua kelompok. [2] Namun ia menjadi juru bicara utama dan penafsir Unitarianisme.[2] Hal ini dikarenakan ia memberitakan khotbah di Baltimore tahun 1819, ia memberikan judul "Unitarian Kristen".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris)Mircea Aliade. 1987. The Encyclopedia of Religion. New York: Macmillan Publishing Company. Pg.201-202.
  2. ^ a b c d e (Inggris)Wendy Doniger. 2006. Britannica Encyclopedia of World Religion. London: Encyclopedia Britannica. pg.195.