William Edward Boeing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

William Edward Boeing (lahir di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, 1 Oktober 1881 – meninggal di Puget Sound, 28 September 1956 pada umur 74 tahun) adalah seorang pionir penerbangan yang mendirikan perusahaan Boeing. William lahir dari sebuah keluarga kaya keturunan Jerman di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Keluarganya merupakan pemilik dari perusahaan pertambangan dan perusahaan perkayuan yang sukses. Dia diterima di Universitas Yale dan setamat kuliah pada 1903, Boeing terjun kedalam bisnis keluarga, menjadi pengusaha dalam usaha penebangan kayu. Usaha ini membuat dirinya menjadi kaya raya, apalagi setelah ia membangun perusahaan perkayuannya sendiri di Grays Harbour.

Namun, meski kaya raya, Boeing tidak serta merta cepat puas. Karena itu, saat dirinya menjadi direktur utama Greenwood Logging Company, Boeing yang sudah sekian lama bereksperimen dalam desain kapal-kapalnya pindah ke Seattle. Disinilah minatnya akan pesawat terbang mulai tumbuh, terutama dari sisi bisnis.

Bersama George Conrad Westervelt, setelah memperhitungkan berbagai kemungkinan, pada tahun 1916 Boeing mendirikan industri pesawat terbang yang saat itu diberi nama Pacific Aero Products.

Setahun kemudian, begitu Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia I, Boeing mengganti nama perusahaannya menjadi Boeing Airplane Company yang dikenal sebagai Boeing Company.

Meski masih tergolong awal dalam industri tersebut, perang memungkinkan Boeing sebagai perusahaan mendapatkan tender pengadaan 50 pesawat dari Korps Penerbangan Amerika Serikat. Bisnisnya kemudian berkembang pesat menjadi salah satu perusahaan raksasa di Seattle. Di tahun-tahun menjelang Perang Dunia II, industri ini mampu menarik puluhan ribu pendatang.

Boeing kemudian berkonstentrasi pada industri pesawat terbang komersial yang kemudian sukses pula membangun jasa pelayanan surat yang cepat dan efisien. Belum lagi maskapai penerbangan yang kemudian dia bangun dan dijalankan. Karena Boeing dianggap merajai di dunia penerbangan Amerika Serikat saat itu, pada tahun 1934 pemerintah Amerika Serikat mendakwanya dengan tuduhan mengadakan praktik monopoli.

Pada tahun 1934, Boeing kemudian pensiun, meski tidak lepas berbisnis. Di kemudian hari Boeing dikenal sebagai seorang usahawan di bidang properti.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Artikel Penebang yang merevolusi Industri Pesawat Terbang, HU Republika edisi 26 Januari 2007
  • Carl Cleveland, Boeing Trivia, (Seattle: CMC Books, 1989)
  • Harold Mansfield, Vision: A Saga of the Sky (Duell, Sloan and Pearce, 1956)
  • Robert Serling, Legend & Legacy: The Story of Boeing and Its People (New York: St. Martin's Press, 1992)