Wikipedia:Wikizine/Arsip/2008-103

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

id.Wikizine.org
Buletin berita internal independen untuk anggota komunitas Wikimedia

Terbaru | Arsip | Berlangganan Tahun 2008 Minggu 52 Nomor 103 Laporkan berita | Ruang redaksi

Berita teknis

Pemindahan server

Server-server yang berlokasi di Amsterdam, Eropa, sedang dipindahkan ke suatu pusat data baru. Di pusat data lama terdapat sekitar 40 server yang sebagian besar digunakan untuk caching halaman dan berkas yang diminta oleh pengguna dari Eropa. Menurut suatu sumber yang belum dikonfirmasi, Kennisnet telah mengakhiri sponsornya terhadap gugusan ini. Sejak Mei 2005 Kennisnet telah membiayai semua pengeluaran untuk gugus di Amsterdam.

404

Jika Anda mengikuti suatu pranala ke suatu halaman yang tidak ada (ke halaman aktual, tidak termasuk halaman suntingan), server akan memberikan kode 404 (kode kesalahan tak ditemukan) setelah sebelumnya memberikan kode 200 (oke). Hal ini dapat membantu beberapa program otomatis serta lebih lebih sejalan dengan apa yang "seharusnya" terjadi, walaupun kebanyakan orang tak akan menyadari hal ini karena halaman yang ditampilkan akan tetap seperti semula.

Pesan sistem MediaWiki

Pesan sistem revision-info, revision-info-current, cannotdelete, redirectedfrom, historywarning dan difference sekarang menggunakan teks Wiki dan bukannya markah HTML mentah. Beberapa akan perlu untuk memperbaiki pesan tersesuaikan mereka.

Komunitas

Layanan pencetakan foto

Telah diadakan suatu kerjasama antara komunitas Wikipedia bahasa Perancis dan suatu layanan pencetakan foto. Kini dimungkinkan untuk memesan suatu cetakan dari suatu gambar pada wiki melalui menu "Dapatkan suatu poster dari gambar ini." Dari setiap pesanan, 1,5 EUR didonasikan ke Wikimedia. Saat ini telah 1000 EUR didonasikan melalui cara ini. Anda hanya akan melihat pilihan ini jika bahasa situs menggunakan bahasa Perancis. Jadi, keluar log atau gantilan pengaturan Anda.

Semuanya menjadi birokrat

Komunitas Wikiquote bahasa Italia telah memutuskan bahwa semua pengurus juga adalah birokrat. Di Wikiqoute IT ada 6 pengurus, sehingga kini juga ada 6 birokrat. Mereka terinspirasi dari Wikipedia bahasa Spanyol. Di sana, hampir semua pengurus, yang berjumlah 126, juga merangkap sebagai birokrat.
Cara untuk menjadi seorang birokrat sangat berbeda antar wiki. Sebagai contoh, di Wikipedia bahasa Inggris Anda harus dipilih melalui suatu proses birokratis yang sangat sulit. Di Wikipedia bahasa Belanda, semua pengurus yang telah aktif paling tidak satu tahun dapat menjadi birokrat melalui suatu proses permintaan sederhana.

Wikinews EN

Halaman utama dihias untuk musim libur. Ada pohon, menorah, Kwanzaas, dan boneka salju. Ini tidak biasa. Biasanya mereka tidak melakukan hal ini, tapi (anehnya) tidak seorang pun yang mengeluh.

Planet baru

Di "planet.wikimedia.org" adalah situs dengan beberapa bahasa yang mengumpulkan tulisan dari berbagai blog yang terkait dengan proyek-proyek WMF. Sebagai contoh, Wikizine tercantum dalam versi bahasa Inggris. Sekarang juga terdapat suatu planet baru; "bahasa-bahasa Jerman Utara". Biasanya ini diperuntukkan untuk suatu bahasa, tapi karena jumlah kiriman terlalu sedikit, bahasa Swedia, Denmark, Norwegia, Islandia, dan Faroese membentuk suatu planet.

Proposal

Diskusi lisensi

Versi baru Lisensi Dokumentasi Bebas GNU memuat sebuah bagian yang memberikan opsi bagi proyek-proyek GFDL untuk mengubah lisensi dari proyek tersebut. Opsi untuk bermigrasi ke lisensi lain ini akan kadaluwarsa pada 1 Agustus 2009. Diskusi mengenai hal ini telah dibuka.

Wikimedia Foundation

Seruan Jimbo

Sebuah pesan dari Jimmy Wales yang meminta donasi uang yang ditampilkan di situs-situs telah secara luar biasa menghasilkan peningkatan sementara donasi hingga mencapai 892%.

Hukum

Wikimedia NL menang

Wikimedia Belanda memenangkan sebuah pemeriksaan pra peradilan. Bukan kejutan besar, karena itu adalah tuntutan yang salah sasaran. Namun demikian, tetap saja ini adalah sebuah berita bagus.

Penghargaan

Gambar tahun ini

Wikinews sedang menuju akhir tahun. Gambar tahun 2008 akan dipilih sebentar lagi. Untuk berhak memilih, Anda harus aktif dalam salah satu proyek wikimedia, walaupun tidak harus di wikinews.

Media

Wiki dulu

Suatu jurnal ilmiah "RNA Biology" telah meminta kontributor mereka untuk membuat artikel wikipedia dulu mengenai subjek riset mereka sebelum menerbitkan suatu kertas kerja, walaupun beberapa orang telah menyampaikan kekhawatiran mereka bahwa kertas kerja penelitian tidak dapat dianggap sama dengan artikel yang bagus.

Statistik

SV wp

Wikipedia bahasa Swedia mencapai 300 000 artikel dan mengeluarkan rilis pers.

Berita lain

Uang hadiah Betawiki

Jika Anda menerjemahkan 500 pesan mediawiki sebelum akhir tahun, Anda dapat memperoleh hadiah 1000 euro!

Komentar donatur

"Find a clean way to make profitable enough to survive for we count on you but you can't really count on us, we don't have money!..." -- Anonymous

"Carilah suatu cara yang bersih agar cukup mendapat untung untuk bertahan karena kami bergantung pada Anda tapi Anda tak dapat benar-benar bergantung pada kami, kami tak punya uang!..." -- Seorang penyumbang anonim

"When I first started working with computers in the '70s, I dreamed of an electronic library with all the information anyone needed on a portable device. You're making that happen. Thank you." -- Harvey Platter

"Sewaktu saya pertama bekerja dengan komputer pada tahun 70-an, saya memimpikan suatu pustaka elektronis dengan segala informasi yang dibutuhkan seseorang pada suatu piranti jinjing. Anda membuat mimpi itu terwujud. Terima kasih." -- Harvey Platter

"Une modeste contribution ainsi qu'un grand MERCI... continuez..." -- Mathieu TARTARE

"Satu sumbangan kecil dan terima kasih yang besar... teruskanlah..." -- Mathieu TARTARE

"DONATION, BUT I DISLIKE JIMBO"

"SUMBANGAN, TAPI SAYA TAK SUKA JIMBO"

Wikizine bahasa Inggris

Wikizine bahasa Indonesia

  • Editor: REX, IvanLanin
  • Pelanggan: 22 pelanggan surat-e terdaftar.
  • Sumber: Wikizine EN

Wikizine tidak menjamin akurasi, validitas, dan khususnya tapi tidak terbatas kepada, tatabahasa dan ejaan. Kepuasan tidak dijamin. Wikizine dipublikasikan oleh meta:user:Walter, dan bukan publikasi Wikimedia Foundation. Wikizine bahasa Indonesia bukan publikasi Wikimedia Indonesia.

Wikizine adalah publikasi tidak regular sepanjang tersedia berita yang penting (dan waktu). Jika memungkinkan, Wikizine akan diterbitkan sebanyak dua kali dalam satu bulan. Konten tersedia di bawah Lisensi Dokumentasi Bebas GNU. http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html