Wikipedia:WikiSosial/Tutorial dan tanya jawab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tentang Teknis Wikipedia

Tanya: Saya mengalami kesulitan ketika ingin masuk log (log in) di Wikipedia bahasa Indonesia. Apa yang harus saya lakukan?
Jawab: Pastikan Anda telah mengikuti prosedur di video tutorial yang bisa Anda akses di sini. Selain itu, pastikan nama pengguna yang akan anda buat belum ada di Wikipedia.

Tanya: Ketika mendaftarkan akun di Wikipedia, saya tidak bisa melakukannya, karena akses diblokir. Bagaimana caranya?
Jawab: Kemungkinan alamat IP yang Anda gunakan diblokir oleh salah satu pengurus Wikipedia atau Meta (yang mengurus situs web Wikimedia secara global) karena digunakan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab. Solusinya, ketika ingin mendaftar akun, Anda bisa gunakan koneksi internet lain terlebih dahulu. Setelah terdaftar, Anda dapat masuk log (log in) dan menyunting menggunakan koneksi internet semula.

Tanya: Jurnal dari mana saja yang bisa digunakan sebagai referensi?
Jawab: Diusahakan, sebisa mungkin, yang merupakan akses terbuka (open access) agar pengguna lain juga bisa mengecek keabsahan referensi tersebut. Jurnal predator tidak diperbolehkan untuk digunakan.

Tanya: Apa yang dimaksud dengan “bita”?
Jawab: Bita dalam Wikipedia adalah satuan jumlah karakter yang ada pada artikel Wikipedia. Satuan ini juga dapat digunakan untuk melihat seberapa lengkap atau seberapa komprehensifnya pembahasan artikel tersebut. Misalnya ada artikel dengan ukuran 20.000 bita, maka artikel tersebut memiliki 20.000 karakter. Anda dapat melihat ukuran “bita” di halaman Versi Terdahulu artikel Anda.

Tentang Peserta

Tanya: Saya pernah mengikuti Tantangan Eropa/Bulan Asia Wikipedia (maupun edit-a-thon yang diadakan oleh Wikipedia bahasa Indonesia), apakah dengan ini saya tidak boleh ikut lagi?
Jawab: Anda boleh mengikuti WikiSosial.

Tanya: Saya pernah menjadi peserta Proyek Ganesha/Wiki Mrebawani/Wiki Sabanda/EUforia Uni Eropa/Wiki Jelajah, tetapi saya tidak memenangi kompetisi. Apakah saya dapat mengikuti WikiSosial?
Jawab: Sangat diperbolehkan.

Tanya: Apakah staff Wikimedia Indonesia dan Perkumulan Lintas Feminis Jakarta boleh ikut serta?
Jawab: Staff kedua organisasi penyelenggara dan mitra tidak diperbolehkan untuk ikut.

Tanya: Manakah templat yang harus dipasang di halaman pengguna saya?
Jawab: Untuk peserta individu, Anda harus memasang templat ini (masukkan kode wiki {{Kontributor WikiSosial}}).

Tentang Teknis Tantangan

Tanya: Apakah ada tenggat waktu untuk mengumpulkan artikel?
Jawab: Tenggat waktu akhir untuk pengumpulan artikel adalah 30 Juli 2020 pukul 23.59 WIB.

Tanya: Apakah saya boleh menerjemahkan artikel dari Wikipedia bahasa lain?
Jawab: Anda boleh menerjemahkan artikel dari Wikipedia bahasa lain, namun Anda wajib menerjemahkan dengan baik dan benar, tidak hanya sekadar terjemahan mesin.

Tanya: Bagaimana jika terjadi suntingan yang dilakukan oleh pengguna lain dalam artikel yang berusaha saya tulis?
Jawab: Tidak masalah. Pengumpulan artikel hanya bisa dilakukan oleh pembuat artikel. Namun, Anda dapat memasang templat {{sedang ditulis}} di dalam artikel Anda sebagai notifikasi bagi pengguna lain untuk sementara tidak menyunting artikel tersebut.