Wikipedia:Validasi artikel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini bukan mengenai Pemeriksa
Lebih lanjut tentang fitur perubahan tertunda, silakan lihat Bantuan:Perubahan tertunda
Validasi artikel Revisi terperiksa Revisi layak Pengurus Status pengguna
Tanya jawab Konfigurasi Permohonan: peninjauan (arsip)  · hak editor (arsip)
Gtk-redo-ltr.svg WP:VA
WP:FR
Redaktor Wikipedia 600px.png
Draf artikel tidak langsung ditampilkan kepada pengunjung Wikipedia. Lihat di sebelah kanan atas, terdapat sebuah boks kecil yang menandai revisi ini sebagai revisi draf.

Validasi artikel (dengan ekstensi FlaggedRevs) adalah sebuah sistem yang akan membantu meningkatkan kualitas artikel di Wikipedia bahasa Indonesia. Dengan sistem ini, revisi-revisi artikel akan dinilai oleh kelompok Editor dan Peninjau, (1) apakah revisi yang bersangkutan adalah versi yang tervandalisme, (2) apakah revisi yang bersangkutan adalah versi artikel yang memenuhi unsur kelayakan sebagai artikel Wikipedia.

Versi artikel yang dinilai baik, tidak terkena vandalisme dan/atau dinilai sebagai artikel yang memenuhi unsur kelayakan, dapat diberi nilai sebagai "versi stabil". Versi stabil inilah yang akan ditampilkan secara default kepada pengunjung Wikipedia, bukan revisi yang tervandalisme.

Sebagai catatan, istilah versi dan revisi dalam artikel ini memiliki pengertian yang sama, yaitu merujuk kepada setiap perubahan yang disimpan sebagai riwayat penyuntingan dalam tab versi terdahulu.


FlaggedRevs

FlaggedRevs (singkatan dari Flagged Revisions atau Penandaan Revisi dalam bahasa Indonesia) adalah sebuah ekstensi MediaWiki yang berfungsi sebagai suatu sistem penilaian kualitas artikel. Proyek serupa yang dulu pernah dibuat adalah Stable version. Ekstensi FlaggedRevs merupakan pengganti ekstensi stable version. Dengan ekstensi ini, setiap halaman di Wikipedia akan memiliki status apakah "tertinjau" atau "belum tertinjau", "stabil" atau tidak.

Ekstensi inilah yang memungkinkan komunitas untuk memilih versi artikel mana yang akan ditandai sebagai versi yang stabil. Pengguna yang dipercaya oleh komunitas dapat diberikan hak teknis untuk melakukan survei atas revisi-revisi suatu halaman.

Kelompok baru

Tampilan Editor:

Tampilan Editor

Tampilan Peninjau:

Tampilan Peninjau (Reviewer)

Pada saat diinstalasikan di proyek wiki, FlaggedRevs akan membuat dua buah kelompok baru yaitu Editor dan Peninjau (Reviewer). Hanya pengguna yang termasuk kelompok Editor dan Peninjau yang dapat menandai sebuah revisi sebagai revisi yang stabil. Bahkan Pengurus , Birokrat, Pemeriksa dan Pengawas yang tidak termasuk dalam kelompok Editor atau Peninjau, tidak dapat menandai suatu versi sebagai versi yang stabil.

Pengurus dapat memasukkan pengguna ke dalam kelompok Editor dan Peninjau untuk bekerja sama dengan para opsis melakukan perbaikan kualitas Wikipedia melalui jalur validasi artikel.

Perbedaan pilihan antara Editor dan Peninjau:

  • Editor: hanya ada satu pilihan: Terperiksa (Sighted).
  • Peninjau: memiliki pilihan yang lebih luas dan lengkap: Tak disetujui (Unapproved), Terperiksa (Sighted), Akurat (Accurate), Data sumber bagus (Well sourced).

Penggunaan

Kerjasama pemantauan

Ekstensi FlaggedRevs dapat digunakan untuk kerjasama pemantauan halaman perubahan terbaru. Apabila suatu halaman ditandai tertinjau maka semua suntingan di halaman tersebut yang berstatus "unpatrolled" akan ditandai "patrolled", dengan demikian ekstensi ini akan sangat membantu dalam pemantauan perubahan terbaru.

Perubahan tampilan

Tampilan standar yang saat ini digunakan:

Tampilan lama

Tampilan baru monobook, tab artikel menjadi tab draf, dan sebuah tab baru stabil:

Tampilan baru

Ekstensi ini membuat sedikit perubahan tampilan dari tampilan standar Wikipedia yang lama. Dalam tampilan yang baru, tab artikel akan tampil sebagai tab draf. Bertambah sebuah tab baru stabil yang isinya menampilkan versi artikel yang ditandai stabil oleh pengguna Editor atau Peninjau.

Walaupun versi yang secara default ditampilkan adalah versi stabil, namun versi terkini (bila ada perubahan setelah versi stabil) tetap dapat dengan mudah diakses dalam tab draf, dan berisikan revisi terakhir berdasarkan suntingan yang dilakukan oleh semua pengguna, baik anon maupun pengguna terdaftar lainnya.

Tampilan baru ini hanya berlaku untuk artikel yang memiliki versi stabil, atau dengan kata lain telah ditinjau oleh seorang Editor atau Peninjau. Bila suatu artikel belum memiliki versi stabil, maka akan ditampilkan sama seperti tampilan standar yang lama, di mana tab 'artikel' tidak berubah menjadi 'draf'.

Versi stabil

Revisi terperiksa. Kotak tampilan di sebelah kanan atas menandai revisi ini sebagai revisi terperiksa.
Tampilan tab stabil dan draf menghilang, digantikan dengan satu tab artikel dikarenakan pada artikel ini sudah tidak ada lagi revisi yang belum ditinjau oleh Editor atau Peninjau.

Secara garis besar, tujuan utama dari ekstensi ini adalah untuk mengurangi vandalisme. Dengan ekstensi ini walaupun suatu halaman divandalisme, suntingan vandal tersebut tidak akan muncul secara default kepada pengguna lain jika halaman tersebut sudah memiliki versi stabil. Karena apabila suatu halaman telah memiliki versi stabil, maka versi stabil tersebut yang akan ditampilkan kepada pengguna secara default.

Versi stabil terdiri dari dua jenis yaitu artikel terperiksa dan artikel layak. Status dari suatu artikel akan ditampilkan dalam sebuah kotak di sudut kanan atas dengan ikon:

FlaggedRevs-1.png Artikel yang tidak memiliki revisi stabil.
FlaggedRevs-2.png Terperiksa (sighted) adalah revisi artikel yang telah diperiksa untuk memastikan bahwa revisi ini bebas dari vandalisme.
FlaggedRevs-3.png Layak (quality), dalam tingkatan lebih tinggi dari revisi terperiksa, menunjukkan artikel yang aman dari vandalisme serta relatif tidak ada kesalahan yang material terhadap kriteria memiliki referensi yang layak (dapat dipastikan).

Perlu diingat bahwa kedua label versi stabil sama sekali tidak menyatakan penilaian dari sudut isi artikelnya, sebagaimana konsensus artikel bagus dan artikel pilihan. Versi stabil semata-mata hanya menandai bahwa artikel tersebut aman dari vandalisme dan lebih jauh, memiliki tingkat kelayakan yang cukup serta tidak ada kesalahan pernyataan yang material. Lebih jauh, Wikipedia:Pemastian menyatakan bahwa batasan Wikipedia bukanlah kebenaran isinya, melainkan apakah suatu konten itu dapat dipastikan eksistensinya.

Penandaan terperiksa maupun layak akan dicatat di dalam log khusus Istimewa:Log/revisi yang mencatat versi yang mana yang ditandai dan siapa yang menandai. Komentar dari pengguna yang menandai tersebut juga dicatat di tempat yang sama. Khusus untuk penandaan artikel-artikel layak akan dicatat juga di halaman istimewa QualityOversight.

Kelompok besar stabilitas suatu halaman yang merupakan hasil dari penandaan oleh Editor dan Peninjau, adalah seperti dalam matriks berikut:

Nilai stabilitas
Terperiksa Layak

Ditandai oleh:

  • Editor: Terperiksa
  • Peninjau: Terperiksa

Ditandai oleh:

  • Editor: (tidak dapat menandai revisi layak)
  • Peninjau: Akurat, Data sumber bagus

Versi terdahulu

Versi terdahulu dengan FlaggedRevs.
Revisi yang stabil (terperiksa/layak) diwarnai dengan latar warna biru.

Versi terdahulu juga akan berubah tampilannya, dengan menunjukkan versi mana yang telah diperiksa oleh seorang Editor atau Peninjau, dan dengan demikian versi tersebut adalah versi stabil yang ditampilkan pertama kali (secara default) kepada pengunjung.

Dalam gambar di sebelah kanan ini, terlihat bahwa revisi 08:35, 22 Mei 2008 adalah versi yang ditandai sebagai terperiksa (sighted). Revisi ini diwarnai dengan warna latar biru muda, sama seperti revisi sebelumnya 19:41, 10 April 2008 yang juga ditandai sebagai terperiksa (sighted).

Revisi yang terakhir ditandai inilah yang akan ditampilkan sebagai tampilan default artikel tersebut kepada pengunjung Wikipedia.

Konfigurasi tampilan default

Pengurus dapat mengeset konfigurasi penampilan setiap artikel secara individual agar secara default menampilkan versi stabilnya atau apakah boleh langsung ditampilkan revisi terakhirnya, melalui pranala "/index.php?title=Istimewa:Stabilization&page=Judul halaman".

Preferensi Pengguna

Preferensi

Sebuah tab "Versi Stabil" baru dapat ditemukan di Istimewa:Preferensi jika FlaggedRevs telah diinstalasikan. Dalam preferensi ini, setiap pengguna dapat memilih secara bebas opsi-opsi menurut kebutuhan masing-masing individu.

Pada umumnya, pengguna yang sudah cukup lama berkontribusi di Wikipedia mungkin akan lebih menyukai untuk tidak menandai opsi "Selalu tampilkan halaman versi stabil sebagai tampilan baku (jika ada)".

Di setiap artikel akan muncul sebuah boks kecil di bagian atas (untuk antarmuka detail) atau di bagian kanan (untuk antarmuka sederhana) setiap halaman artikel Wikipedia. Boks dari opsi tampilan detail dan sederhana dapat terlihat ditampilkan sebagai berikut:

Artikel Antarmuka sederhana Antarmuka detail
Terperiksa
(sighted)
FR-Prefs-Sighted-Simple.png FR-Prefs-Sighted-Detail.png
Layak
(quality)
FR-Prefs-Quality-Simple.png FR-Prefs-Quality-Detail.png
Belum ditinjau
(unreviewed)
FR-Prefs-Unreviewed-Simple.png FR-Prefs-Unreviewed-Detail.png

Pengujian lintas wiki

Pada saat ini, penggunaan sistem validasi sedang diuji coba di lingkup proyek-proyek wiki Wikimedia. Proyek pertama yang menghidupkan FlaggedRevs secara langsung adalah Wikipedia bahasa Jerman (de.wikipedia). Proyek lainnya belum menginstalasi FlaggedRevs, melainkan masih melakukan percobaan di beberapa situs pengujian terpisah, seperti en.labs.wikimedia.org, de.labs.wikimedia.org, dan TestWiki-en, serta TestWiki-id di situs web Wikimedia Indonesia.

Proyek-proyek ini memiliki konfigurasi masing-masing sehingga tidak dapat dijadikan acuan mutlak satu sama lain. Kebutuhan konfigurasi di masing-masing proyek merupakan tanggung jawab komunitas masing-masing. Sebagai contoh, TestWiki-en menggunakan konfigurasi di mana tidak ada tab Draf, sehingga suntingan pengguna anon maupun pengguna baru tidak akan langsung tampil. Revisi terkini harus diakses melalui URL yang relatif tidak mudah. Hal ini berbeda dengan Wikipedia bahasa Jerman dan TestWiki-id yang menampilkan secara langsung suntingan pengguna anon atau baru di tab Draf.

Intisari

Ekstensi FlaggedRevs menciptakan kelompok baru Peninjau dan Editor untuk memberikan label-label kualitas kepada revisi-revisi dari sebuah halaman wiki. Baik label maupun hak-hak pengguna dapat dikonfigurasi secara fleksibel. Komunitas wiki yang tertarik untuk mempelajari ekstensi ini dapat mempelajari dokumentasi untuk menentukan setup yang mereka inginkan.

Halaman istimewa

Beberapa halaman istimewa yang ditambahkan oleh ekstensi ini adalah:

  1. Istimewa:ReviewedPages - daftar halaman-halaman yang tidak memiliki suntingan yang belum ditinjau.
  2. Istimewa:OldReviewedPages - daftar halaman-halaman yang memiliki suntingan yang belum ditinjau.
  3. Istimewa:UnreviewedPages - daftar halaman isi yang belum ditinjau diurutkan berdasarkan abjad beserta lamanya (dalam hari) halaman tersebut belum ditinjau dan jumlah pengguna yang memantaunya.
  4. Istimewa:ConfiguredPages - Halaman dengan konfigurasi pratayang.
  5. Istimewa:AdvancedReviewLog - daftar halaman-halaman yang ditandai layak, daftar persetujuan dan penurunan tingkat kualitas revisi-revisi.
  6. Istimewa:ValidationStatistics - Statistik tinjauan halaman
  7. Istimewa:Stabilization?page=Halaman_Utama - halaman istimewa terbatas bagi pengurus untuk menetapkan tampilan default suatu halaman
  8. Istimewa:RevisionReview
  9. Istimewa:ReviewedVersions?page=Halaman_Utama

Lihat pula

Pranala luar

Lintas proyek

Berita

Situs pengujian