Wikipedia:Proyek Jatayu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman utama Hadiah Teknis kompetisi Tanya jawab & tutorial

Perubahan adalah kepastian yang mengharuskan adaptasi. Dengan segala tuntutan masa kini yang menciptakan dilema, Wikimedia Indonesia hadir untuk mengambil langkah dalam transformasi peradaban.

Bayangkan bagaimana Anda hidup dalam dua tahun terakhir ini? Adakah banyak perubahan dalam menjalani hidup? Atau Anda merasa perubahan itu adalah hal yang wajar di tengah pandemi COVID-19? Banyak orang merasakan perubahan yang signifikan dalam hidup mereka seperti tiba-tiba kehilangan pekerjaan, atau belajar, bekerja dan belanja dari rumah. Kegiatan rutin yang seharusnya dilakukan untuk membuat hidup lebih bermakna justru menimbulkan problematika. Wikimedia Indonesia membagi lima problematika yang sering dihadapi masyarakat kekinian.

Menyikapi dampak yang cukup signifikan dari COVID-19 dalam pola hidup, Wikimedia Indonesia berinisiatif mengadakan kompetisi menulis dengan lima tema bulanan yang kami anggap cukup esensial untuk saat ini. Topik-topik tersebut kami kemas dengan cukup menarik dengan harapan dapat memberikan sumber bacaan yang kredibel kepada para pengunjung Wikipedia bahasa Indonesia. Melalui Proyek Jatayu, Wikimedia Indonesia berusaha memberikan kesempatan bagi para akademisi, pemerhati studi budaya, maupun masyarakat umum untuk ikut andil dalam upaya transformasi peradaban. Kompetisi ini dirancang untuk membuat Anda menjadi manusia yang lebih kritis dan peduli dengan sesama.

November
Keuangan dalam genggaman teknologi

Belanja daring pada masa karantina menjadi jalan pintas yang cukup membutuhkan kebijaksanaan dalam eksekusinya. Banyak orang menganggap belanja daring sebagai salah satu cara menghilangkan kejenuhan dengan rutinitas harian. Rasa ketika menanti paket datang dan membuka paket merupakan kebahagiaan instan yang kadang menimbulkan sesal pada akhirnya. Tentunya, hal ini menunjukkan bahwa kebijakan dalam mengelola keuangan dan mengatur emosi supaya tidak impulsif dalam berbelanja menjadi sangat penting.

Tertarik menyumbangkan pengetahuan mengenai teknologi finansial? Klik disini.
Berpikir kritis, makin etis

Berpikir kritis merupakan kemampuan cara berpikir manusia untuk merespons seseorang atau keadaan dengan menganalisis fakta untuk membentuk penilaian. Hubungan yang sangat kompleks antara cara berpikir kritis dengan seberapa banyak sumber bacaan yang kredibel menjadi salah satu penghalang cukup krusial untuk menjadi manusia yang etis dan bijaksana. Pada proses ini diperlukan pengetahuan mengenai teknik, cara serta teori untuk membentuk pikiran yang kritis. Pada intinya, untuk membentuk pikiran yang kritis diperlukan banyak literasi, salah satunya adalah dengan membaca. Semakin banyak membaca semakin banyak pula perbandingan yang bisa diberikan untuk menguji kebenaran suatu topik.

Berani menyatakan berpikir kritis lewat tulisan? Cari tahu disini.
Desember
Januari
Bentuk kenyamanan primer

Makan untuk hidup, atau hidup untuk makan? Pilihan Anda menentukan sikap dalam mengonsumsi makanan dan minuman setiap harinya. Banyaknya penduduk dengan pola pikir yang berbeda-beda ditambah dengan kemudahan akses menyebabkan seseorang mudah memilih apa yang ingin ia konsumsi. Kemudahan ini juga menjadi jalan banyaknya informasi hoaks beredar mengenai pola makan, informasi gizi seimbang dan lainnya. Akibatnya, banyak orang mengalami disinformasi mengenai makan dan minum sebagai salah satu bentuk kenyamanan primer yang dibutuhkan setiap orang.

Apa itu bentuk kenyamanan primer? Cari tahu informasinya di sini.
Harta sejati adalah kesehatan

Menjaga kesehatan jasmani itu mudah tapi terkadang terlupakan ketika seseorang dalam kondisi tubuh prima. Beberapa bulan terakhir ini, berolahraga cukup digaungkan karena menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imun melawan COVID-19. Kesadaran ini bisa dibilang sedikit terlambat karena manfaat berolahraga akan terlihat apabila dilakukan secara konsisten. Tetapi tidak ada yang salah dengan “mulai saja sekarang”, setidaknya sudah satu langkah nyata untuk menjaga kesehatan.

Siap berkontribusi lebih mengenai hidup sehat? Awali langkahmu dengan klik laman ini.
Februari
Maret
Stigma semu

Problematika yang ada berasal dari kejenuhan melakukan rutinitas yang sama dalam ruang yang sangat terbatas. Keadaan tersebut membuat banyak orang dilema dalam memenuhi kebutuhan, utamanya dalam bersosialiasi. Kebutuhan menjaga jarak fisik, memakai masker, dan melakukan banyak aktivitas di dalam ruang seolah menjadi satu-satunya pilihan. Pola pikir ini meningkatkan budaya komsumtif untuk melakukan apapun secara daring seperti berbelanja. Selain budaya konsumtif, hal itu juga menyebabkan stres berkepanjangan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai stigma semu? Kunjungi laman ini.
Klik gambar ini untuk melihat lebih jelas.
Ketentuan umum
  1. Tantangan bersifat individu.
  2. Anda wajib menaati kebijakan ruang ramah acara Wikimedia Indonesia.
  3. Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  4. Berusia minimal 17 tahun saat kompetisi dimulai (per 1 November 2021).
  5. Anda tidak bisa mendapatkan hadiah utama, apabila:
  6. Anda tidak dapat mengikuti tantangan ini, apabila:
  7. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam hal teknis maupun kebijakan, Anda dapat menghubungi panitia melalui surel kompetisi﹫wikimedia.or.id.
  8. Panitia berhak untuk mendiskualifikasi Anda apabila mengganggu kelancaran kompetisi ini.
  9. Kebijakan panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.


Cara berpartisipasi
Mendaftarkan diri melalui tautan-tautan yang ada. Anda cukup mendaftarkan diri sekali saja selama kompetisi berlangsung. Masukkan juga templat {{Peserta Proyek Jatayu}} di halaman pengguna Anda.
Memilih paket dan mengerjakan tantangan sesuai tema bulan tersebut. Anda dipersilakan untuk mengerjakan paket pengembangan artikel atau membuat artikel baru di Wikipedia bahasa Indonesia.
Mengisi formulir klaim poin sesuai paket yang Anda kerjakan, melalui tautan-tautan yang ada.
Panitia akan memverifikasi klaim poin Anda apakah sah atau tidak, dan mencatat ke dalam sistem. Poin dianggap sah jika dikerjakan sesuai tema bulan tersebut. Basis waktu yang digunakan adalah Waktu Indonesia bagian Barat (WIB).
Panitia akan memperbarui daftar klasemen pengumpulan poin melalui kanal media sosial Wikimedia Indonesia setiap dua minggu sekali.
Hadiah yang bisa Anda dapatkan dapat dilihat di subhalaman Hadiah. Poin yang Anda kumpulkan setiap bulan juga akan menentukan tiga orang pemenang hadiah utama.

Klik disini untuk mendaftarkan diri Klik disini untuk klaim poin