Wikipedia:ProyekWiki pemimpin negara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Di dunia terdapat 192 negara resmi yang bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (+Vatikan), dan setiap negara memiliki kepala negara dan kepala pemerintahan yang terkadang dijabat oleh orang yang sama, namun seringkali dijabat oleh dua orang yang berbeda, jadi kira-kira ada sekitar 300 nama individual yang menjabat sebagai pemimpin suatu negara, terkenal maupun kurang terkenal.

Setiap negara menyelenggarakan pemilihan umum yang berkala, dan dengan demikian dari ketiga ratus nama tersebut hampir setiap bulannya ada yang diganti (en:Electoral calendar 2008). Saat ini banyak artikel yang mencantumkan kalimat-kalimat seperti:

Saat ini negara ini dipimpin oleh ...

atau

Saat ini yang menjabat sebagai Perdana Menteri adalah ...

dan semacamnya. Dan karena seringnya pergantian, maka terkadang suatu halaman masih memuat pemimpin negara yang terdahulu, dan jikalau tidak awas (tidak mengecek artikel tersebut), maka orang yang membaca tidak tahu bahwa artikel tersebut telah kadaluarsa.

Permasalahan[sunting | sunting sumber]

Saat ini proses penggantian nama-nama pemimpin-pemimpin tersebut masih harus dilakukan secara manual:

  1. Di berita muncul kabar bahwa si X telah menggantikan si Y sebagai kepala negara
  2. Wikipediawan (katakanlah Z, orang random - saat ini tidak ada satu individu yang mengambil tanggung jawab tersebut) mengganti halaman si Y yang tertulis bahwa ia sedang menjabat menjadi mantan pejabat (misalnya "2004-sekarang" menjadi "2004-2008", dll)
  3. Z lalu mengganti (atau membuat baru) halaman tentang si X
  4. Kemudian Z perlu melihat pranala balik untuk artikel si Y dan mengecek satu-persatu apakah kalimat yang menyebutkan tentang si Y perlu disesuaikan menjadi si X (terkadang tidak perlu, misalnya si Y menghadiri konferensi PBB, tidak perlu diganti menjadi si X)
  5. Z lalu melakukan penyesuaian seperlunya, terutama di halaman negara pemimpin negara tersebut menjabat, dan daftar pemimpin negara negara tersebut.

Jikalau langkah keempat dan seterusnya tidak/lupa dilakukan, maka kemungkinan besar beberapa artikel akan menjadi "kadaluarsa". Jika ada wikipediawan lain yang awas melihatnya mungkin akan tahu bahwa nama tersebut perlu diganti, namun sementara itu mungkin ada yang telah membacanya, menggunakannya di riset mereka, dan ternyata informasi dari Wikipedia salah.

Solusi[sunting | sunting sumber]

Jika proses pemutakhiran nama tersebut bisa dibuat otomatis, maka begitu ada orang baru yang menjabat sebagai pemimpin, seorang Wikipediawan tinggal melakukan perubahan kecil dan semua artikel yang perlu dimutakhirkan akan termutakhirkan.

Hal ini (proses automasi) tidak cocok dilakukan oleh bot karena memerlukan manusia untuk menelaah apakah nama pemimpin yang lama merupakan bagian dari peristiwa sejarah (seperti contoh di atas si X menghadiri suatu acara) atau bukan (seperti kalimat "pemimpin saat ini adalah si X")

Solusinya adalah menggunakan templat, setiap kepala negara dan kepala pemerintahan dari 192+ negara tersebut dibuatkan suatu templat, dan templat-templat tersebut akan digunakan di artikel-artikel yang memerlukan pemutakhiran setiap kali ada pergantian pemimpin. Begitu ada pergantian pemimpin, maka hanya templat itu yang perlu diperbarui dan semua artikel akan terpengaruh juga.


Prototype[sunting | sunting sumber]

Hingga saat ini, nampaknya Wikipedia Inggris tidak melakukan hal ini, mungkin karena pembaca mereka banyak atau karena alasan lainnya; entah bagaimana dengan Wikipedia bahasa lainnya.

Saat ini, dapat dilihat di Daftar pemimpin negara suatu daftar pemimpin negara di seluruh dunia

jika kepala negara dan kepala pemerintahannya sama, seperti Indonesia, maka tinggal mengalihkan {{kepala pemerintahan indonesia}} (semua huruf kecil) ke {{kepala negara indonesia}}

Update 1
Templat-templat telah/akan disatukan di {{Pemimpin negara}} yang di-update paralel dengan artikelnya.
Bennylin
16:16, 20 November 2009 (UTC)

Komentar[sunting | sunting sumber]

Anda dapat memberikan komentar di halaman pembicaraan

Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Anggota[sunting | sunting sumber]