Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/RaymondSutanto untuk pengurus 1 Juni 2011/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  • Menurut anda seberapa pentingkah jabatan pengurus bagi anda? Aldo samulo (bicara) 02:04, 17 Mei 2011 (UTC)
Terima kasih atas pertanyaannya. Menurut saya pribadi, jabatan pengurus bukanlah suatu jabatan yang sangat spesial, mengapa? Karena untuk menyunting artikel, memindahkan artikel, memasukkan gambar, dsb. kita tidak perlu menjadi seorang pengurus. Namun, menjadi seorang pengurus berarti orang ini bisa diandalkan dan mereka harusnya bisa melayani pengguna lainnya. RaymondSutanto (bicara) 02:54, 17 Mei 2011 (UTC)
  • Menurut anda bagaimana dengan pengurus yang jarang aktif apakah status pengurus mereka perlu dicabut? Aldo samulo (bicara) 02:57, 17 Mei 2011 (UTC)
Menurut saya, sebaiknya kita tidak perlu menghakimi orang lain ya. Kita refleksikan mulai dari diri masing-masing, kalau memang sudah tidak sanggup jadi pengurus ya bisa minta pengunduran diri kan? RaymondSutanto (bicara) 03:04, 17 Mei 2011 (UTC)
  • Lalu bagaimana dengan pengguna anonim maupun pengguna baru yang sering melakukan vandalisme, apa yang akan anda lakukan terhadap mereka? Aldo samulo (bicara) 03:06, 17 Mei 2011 (UTC)
Kalau saya, tentu akan beri peringatan dulu ya pada mereka. Kalau mereka melakukan vandalisme berulang sampai 5 kali, mungkin akunnya bisa diblok beberapa hari sambil diberi peringatan untuk tidak melakukan vandalisme lagi. Jika mereka kemudian sudah pernah diblok 3 kali berturut-turut karena vandalisme, saya rasa adil kalo akunnya diblok selamanya. RaymondSutanto (bicara) 03:13, 17 Mei 2011 (UTC)
  • Saya memiliki beberapa pertanyaan lagi dan yang ingin saya tanyakan menurut anda siapakah pengguna (pengurus maupun nonpengurus) yang paling berjasa bagi Wikipedia Bahasa Indonesia? Dan sampai kapan anda akan terus berkarya di Wikipedia Bahasa Indonesia? Selain itu bagaimana cara anda memperkenalkan Wikipedia Bahasa Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia dan bagaimana pula cara anda melawan aksi vandalisme yang terjadi di Wikipedia Bahasa Indonesia dan menurut anda apa solusinya? Aldo samulo (bicara) 03:15, 17 Mei 2011 (UTC)
Pengguna paling berjasa: anda sendiri, Pak Wagino, Albertus Aditya. Karena memang kalian bertiga yang saya lihat paling aktif.
Maaf, ketinggalan... --> Saya tidak tahu sampai kapan saya bisa aktif di Wikipedia Indonesia. Tapi harapan saya, 5 tahun lagi saya masih menyumbang disini.
Memperkenalkan wikipedia Indonesia: tidak usah muluk-muluk, tapi saya sudah mencoba untuk mengajak beberapa teman saya untuk ikut menyunting sesuai dengan kesukaannya masing-masing.
Melawan aksi vandalisme: Menuliskan di halaman pengguna mereka dan mengingatkan mereka agar tidak melakukan vandalisme lagi. Mau bagaimana lagi, wikipedia ini kan proyek bebas yang bisa disunting apapun, jadi vandalisme pasti ada.

Solusinya: mungkin dibuatkan 1 halaman pengawas, yang isinya daftar siapa-siapa saja yang pernah melakukan vandalisme (semacam halaman blacklist). Halaman pengawas ini hanya bisa ditambahkan oleh para pengurus dan dihapus oleh para pengurus juga, jadi tidak sembarang orang bisa mengubah isinya. Nah, dari daftar itu, nanti para pengurus bisa mengontrol di daftar kontribusi mereka. Kalau sudah 1 bulan tidak melakukan vandalisme, bisa dihapus. Halaman blacklist ini juga diletakkan di tempat-tempat yang mudah dilihat, sehingga pengguna non-pengurus bisa ikut mengawasi mereka. Untuk pengguna non-pengurus, mungkin bisa melapor ke halaman pengguna pengurusnya dulu atau juga bisa dibuatkan halaman pelaporan vandalisme. RaymondSutanto (bicara) 03:36, 17 Mei 2011 (UTC)

  • Apakah anda sudah puas dengan keadaan WBI saat ini? Lalu bagaimana pula cara anda mengembangkan artikel-artikel di WBI? Aldo samulo (bicara) 03:41, 17 Mei 2011 (UTC)
Jujur saja saya sendiri kurang puas. Mengapa, karena meskipun kelihatannya depth kita sudah lumayan tinggi tapi banyak artikel kita yang masih berupa rintisan. Apalagi topik kesukaan saya yaitu otomotif, artikelnya masih sedikit sekali dan kebanyakan masih stub. Menurut saya, saya akan mengembangkan dulu artikel di wikipedia Indonesia dengan menerjemahkannya dari en.wiki yang sudah lengkap. Ini adalah cara yang cepat dan tidak ada salahnya juga. RaymondSutanto (bicara) 03:54, 17 Mei 2011 (UTC)
  • Saya juga ingin bertanya mengenai artikel Cinta Fitri dan beberapa artikel sinetron yang sering disunting oleh pengguna anonim dan terkadang memasukkan informasi yang tidak benar. Bagaimana tindakan anda sebagai seorang pengurus terhadap artikel tersebut? Aldo samulo (bicara) 03:57, 17 Mei 2011 (UTC)
Hmmm, kalau artikel sinetron jujur saja saya tidak tahu menahu karena saya tidak suka sinetron. Mungkin kalau sinetron yang dimaksud adalah Glee saya bisa bantu revert jika ada yang vandal karena hanya sinetron itulah yang saya tonton. Catatan: saya tidak tahu Glee sinetron apa bukan, tapi menurut saya serial tv sama dengan sinetron.

RaymondSutanto (bicara) 04:10, 17 Mei 2011 (UTC)

Saya ingin melayani pengguna lain semampu yang saya bisa. Memang tidak semua masalah bisa saya selesaikan, tapi setidaknya mereka bisa minta bantuan saya. Itu saja.

RaymondSutanto (bicara) 04:10, 17 Mei 2011 (UTC)

  • Menurut anda apakah masa jabatan seorang pengurus perlu dibatasi? Aldo samulo (bicara) 04:17, 17 Mei 2011 (UTC)
Sampai saat ini saya rasa tidak perlu, karena Wikipedia Indonesia masih kekurangan jumlah pengurus. Seperti pendapat saya di atas, jika seorang pengurus sudah merasa tidak sanggup, mereka bisa mengundurkan diri.RaymondSutanto (bicara) 04:22, 17 Mei 2011 (UTC)
  • Menurut Anda, mengapa banyak ProyekWiki yang tersendat dan akhirnya tidak aktif selama berbulan-bulan? ·· KℇℵℑℭK 04:28, 17 Mei 2011 (UTC)
ProyekWiki itu tidak aktif mungkin ada beberapa hal:
      • Temanya terlalu sulit/sedikit sehingga tidak banyak menarik pengguna.
      • Yang membuat ProyekWiki tidak bertanggung jawab (tidak mengembangkan) proyek yang ia buat sendiri.
      • Pengguna yang tertarik dengan ProyekWiki itu jumlahnya sedikit.
Sebenarnya, alasan no.3 itulah yang membuat saya untuk berpikir berkali-kali untuk membuat ProyekWiki Otomotif. RaymondSutanto (bicara) 04:46, 17 Mei 2011 (UTC)
  • Apakah anda juga berminat untuk mengembangkan artikel-artikel dengan topik selain otomotif? Aldo samulo (bicara) 04:47, 17 Mei 2011 (UTC)
Saya juga mengembangkan topik-topik yang saya suka. Misalnya geografi (khususnya Amerika Serikat), Glee, Disney (bagian film yang saya suka dan Disneyland karena pernah ke sana.)

RaymondSutanto (bicara) 05:07, 17 Mei 2011 (UTC)

  • Selain itu saya juga ingin bertanya bagaimana sikap anda terhadap pengguna yang agak menyebalkan seperti pengguna Erik Evrest yang terkadang suka marah-marah dan suka tidak terima kalau usulannya tidak disetujui pengguna lain? Aldo samulo (bicara) 04:52, 17 Mei 2011 (UTC)
Hmmm, kalau pengguna menyebalkan sebaiknya jangan diserang balik ya, karena tentunya itu akan membuat dia tambah marah. Kalau saya pribadi sih, saya hiraukan saja, tidak usah dipedulikan. Lama kelamaan juga dia akan sadar sendiri kalau perbuatannya tidak disukai sehingga membuat orang lain tidak peduli lagi padanya. Mudah, bukan? RaymondSutanto (bicara) 05:07, 17 Mei 2011 (UTC)
  • Menurut anda seberapa besar kebutuhan WBI untuk menambah pengurus baru dalam waktu ini? Aldo samulo (bicara) 09:18, 17 Mei 2011 (UTC)
Menurut saya, kira-kira dibutuhkan 5 pengurus baru dalam waktu ini. 5 orang ini tentunya harus aktif terus sehingga bisa membantu pekerjaan pengurus lainnya.

RaymondSutanto (bicara) 10:19, 17 Mei 2011 (UTC)

  • Menurut anda seberapa pentingkah Wikipedia bagi masyarakat Indonesia dan bagaimana cara anda untuk mempromosikan Wikipedia agar semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia? Aldo samulo (bicara) 08:32, 20 Mei 2011 (UTC)

Karena Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia, maka Wikipedia penting sebagai tempat mencari informasi, tidak hanya bagi masyarakat Indonesia saja, tapi semua penutur bahasa Indonesia juga. Untuk mempromosikan Wikipedia, saya tidak akan terlalu jauh, saya berusaha mulai dari lingkungan sekolah saya dulu, mengusahakan agar teman-teman saya tahu bagaimana untuk mulai berkontribusi di Wikipedia (karena kebanyakan dari mereka hanya menggunakan wikipedia sebagai sumber untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah saja). RaymondSutanto (bicara) 00:13, 21 Mei 2011 (UTC)

  • Tahukah Anda: bahwa Wikipedia Indonesia hampir saja digugat secara hukum ke Pengadilan?
    • Jika Anda tahu, mohon berikan pendapat Anda mengenai hal tersebut secara mendetail.
    • Jika tidak tahu, katakanlah.
Salam. Albertus Aditya (bicara) 11:41, 27 Mei 2011 (UTC)
Wah, dengan sangat amat jujur, saya akan mengakui kalau saya memang tidak tahu. Kapan ya? Bisa tolong dikasih tahu? Digugat sama siapa? RaymondSutanto (bicara) 12:59, 27 Mei 2011 (UTC)
Baiklah. Sebagai calon pengurus, sebaiknya Anda coba mencari tahu. Klu: di bulan ini, kurang dari 15 hari. Salam. Albertus Aditya (bicara) 13:10, 27 Mei 2011 (UTC)
Setelah mencari dengan Google dan Wikimedia Indonesia tapi tidak ketemu-ketemu, akhirnya saya temukan juga jawabannya di halaman pemilihan pengurus StefanusRA. Dari yang saya lihat, kelihatannya si penggugat bermasalah mengenai etnis di DKI Jakarta, tapi saya tidak begitu tahu persis permasalahannya sebenarnya apa.

Mengenai pendapat, saya sendiri merasa kalau si calon penggugat itu orang yang rada aneh. Harusnya dia tahu kalau wikipedia itu adalah proyek yang bisa disunting oleh siapa saja dan kapan saja, jadi jika memang informasinya salah ya silahkan diperbaiki. RaymondSutanto (bicara) 07:18, 28 Mei 2011 (UTC)

  • Bagaimana sikap Anda terhadap pengguna seperti Rumit Siregar yang begitu bersemangat berkontribusi pada WBI namun sering "menabrak" rambu-rambu WBI dalam membuat atau menyunting artikel, demikian bersemangat membuat templat meskipun sering akhirnya harus dirapikan atau ditulis ulang atau direvert oleh Pengguna lainnya? Bahkan adakalanya harus dihapus oleh Pengurus?  Sanko  bicara  04:44, 30 Mei 2011 (UTC)
Wah, menabrak rambu-rambunya seperti apa dulu nih, anda belum jelaskan. Mengenai masalah templat, jika memang templatnya belum ada, ya kita bisa berterima kasih dong sudah dibuatkan, meskipun mungkin templatnya belum rapi. Nanti kan bisa bantu dirapikan oleh pengguna lain (seperti kata anda). Kalau templatnya sudah ada, nah itu baru bisa dihapus, lalu bilang ke Rumit siregar kalau templatnya sudah ada maka harus dihapus supaya tidak dobel. Ia sudah mau berkontribusi itu sudah luar biasa. Beberapa teman saya, saya ajak ke Wikipedia tidak mau, katanya bosen liatin Wikipedia. Demikian jawaban saya. Salam, Pak Sanko. RaymondSutanto (bicara) 07:43, 30 Mei 2011 (UTC)
  • Siapakah yang layak mengusulkan mencabut pengurus yang tidak aktif? pengguna biasa? pengguna berstatus editor? sesama pengurus? ataukah birokrat? — Mikhailov Kusserow (bicara) 07:43, 30 Mei 2011 (UTC)

Menurut saya, peraturan yang sekarang sudah OK (diusulkan oleh pengguna terdaftar). RaymondSutanto (bicara) 07:56, 30 Mei 2011 (UTC)