Wikipedia:Logo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Walaupun penggunaan logo sangat berguna untuk membantu menunjukkan bahwa suatu artikel adalah mengenai perusahaan pemilik logo tersebut, keterkaitan antara perusahaan-perusahaan dan logonya membuat penggunaan logo menjadi topik yang sensitif bagi perusahaan-perusahaan tertentu sehingga harus ditangani dengan hati-hati.

Alasan pemuatan suatu logo dalam ensiklopedi serupa dengan alasan pencantuman foto dari, sebagai contoh, Rano Karno atau Krisdayanti. Sulit untuk menjelaskan dalam kata-kata informasi yang dapat disampaikan dengan foto tersebut. Walaupun demikian, sebagian besar pengguna merasa bahwa foto-foto tersebut sangat bermanfaat. Logo harus dianggap sebagai foto dari perusahaan. Walaupun demikian, tidak seperti orang, yang sangat mungkin untuk diambil fotonya secara bebas, logo perusahaan umumnya selalu dilindungi oleh hak cipta atau merek dagang. Karenanya, penggunaan logo harus mengikuti pedoman penggunaan yang adil Wikipedia.

Di Indonesia, penggunaan logo di Wikipedia mengikuti aturan pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 khususnya Pasal 14, 15, dan 16.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]