Wikipedia:Klausul bola salju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sometimes, the fate of the snowball may not be immediately obvious and predictable until it has actually been placed in the infernal conditions. This calls for an experiment to be conducted in full.
Neraka. Di sana tidak ada bola salju.

"Klausul bola salju" adalah perumusan supaya Wikipediawan menggunakan akal sehat mereka dan menghindari tindakan-tindakan birokratis. Klausul ini menyatakan:

Jika sebuah masalah tidak punya peluang untuk diterima sekecil "peluang bola salju untuk bertahan di neraka", hanya karena mengikuti suatu proses (birokrasi), tidak perlu menyelesaikan proses (birokrasi) tersebut hingga selesai."

Klausul ini dirancang untuk mencegah Wikipediawan terjebak dalam diskusi panjang yang melelahkan dan birokratis untuk masalah-masalah yang keputusannya sudah jelas sejak dari awal. Contohnya, jika sebuah artikel dihapus karena alasan yang salah, tapi tidak punya kesempatan sekecil "bola salju di neraka" untuk tidak dihapus apabila diulang melalui mekanisme usulan penghapusan, tidak ada alasan untuk mengembalikan penghapusan yang salah tersebut dan memaksa semua orang untuk melalui proses yang baku untuk menghapusnya lagi.

Klausul ini bukanlah suatu kebijakan, dan kadang-kadang ada alasan yang baik untuk menerobos neraka; bola salju yang dilemparkan dengan jitu, dalam kesempatan yang sangat langka, dapat melewati neraka untuk mencapai sasaran mereka.[1] Klausul ini perlu dilihat sebagai permintaan sopan untuk tidak membuang-buang waktu semua orang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A Lucky Snowman (Dilbert comic strip 2003-07-05)