Widi Agoes Pratikto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Prof. Ir. Widi Agoes Pratikto, M.Sc, Ph.D. (lahir 16 Agustus 1953) merupakan Guru Besar Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Saat ini ia menjabat Direktur Eksekutif dari Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF), sejak 2014.[1] Sebelummnya, Pratikto menjabat sebagai Sekretaris Jenderal dari Developing 8 Countries (D-8).

Ia pernah dipercaya menjabat Dirjen Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) Republik Indonesia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

  • Nama: Prof. Ir. Widi Agoes Pratikto
  • Lahir: Surakarta, 16 Agustus 1953
  • Bidang Keahlian: Ocean/Coastal Engineering
  • Jabatan Fungsional: Guru Besar Teknik Kelautan ITS
  • Jabatan Struktural: Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

Sang Dirjen Penjaga Negeri Bahari[sunting | sunting sumber]

Guru Besar Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, ini bertugas sebagai penjaga negeri bahari dalam jabatan Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K), Departemen Kelautan dan Perikanan RI sejak 2002. Pria bernama lengkap Prof Ir Widi Agoes Pratikto, MSc, PhD, kelahiran Surakarta, 16 Agustus 1953 ini seorang ilmuwan dan birokrat bersahaja yang juga rajin menulis.

Menurut Doctor of Philosophy (Ph.D) in Civil Engineering (Ocean/Coastal Engineering), dari North Carolina State University, Raleigh, NC – USA, 1992, ini kekuatan laut tidak berarti tentara dan angkatan perang saja. Penguasaan kegiatan ekonomi di wilayah laut dan pulau-pulau kecil lebih menentukan tetap tegak-utuhnya NKRI sebagai negeri bahari.

Sarjana Teknik Perkapalan (Ir) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, 1979, ini sudah menjadi Guru Besar (Profesor) sejak 1 September 1999. Di tengah kesibukannya, dia tetap rajin menulis artikel, bahan presentasi, diktat kuliah, buku, dan memberikan ceramah di berbagai seminar.

Master of Science (M.Sc.) in Civil Engineering (Ocean/Coastal Engineering), dari The George Washington University, USA, 1983, ini seorang tokoh yang bergaya hidup bersahaja. Sebagaimana tujuan terpenting dari seorang kaum cerdik cendekia, Widi, yang beruntung memperoleh kesempatan pencerahan secara akademis hingga jenjang tertinggi, bertekad untuk mengangkat harkat hidup dan martabat masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir laut dan pulau-pulau kecil supaya menjadi lebih baik.

Kejujuran dan ketulusan, ciri yang juga yang inheren dalam diri setiap ilmuwan, turut memberi inspirasi kepada Mahasiswa Teladan ITS Tahun 1977 ini untuk membulatkan pilihan filosofi hidup. Bahwa, ketika tangan kanan melakukan perbuatan yang baik, maka tangan kiri jangan sampai sekali-kali turut mengetahui.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • S-1, Sarjana Teknik Perkapalan (Ir.) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, 1979
  • S-2, Master of Science (M.Sc.) in Civil Engineering (Ocean/Coastal Engineering), The George Washington University, USA, 1983
  • S-3, Doctor of Philosophy (Ph.D) in Civil Engineering (Ocean/Coastal Engineering), North Carolina State University, Raleigh, NC USA, 1992

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ CTI-CFF Appoints Indonesian Academic as First Secretariat Executive Director, http://www.coraltriangleinitiative.org

Pranala luar[sunting | sunting sumber]