White (lagu CNBLUE)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"White"
Sampul edisi reguler
Lagu oleh CNBLUE
dari album Colors
Dirilis08 April 2015 (2015-04-08)
FormatCD singel, unduhan digital
Direkam2014
GenreElectronic rock
Durasi3:56
LabelWarner Music Japan
PenciptaLee Jong-hyun, Jung Yong-hwa, miwa

Templat:Contains Japanese text "White" (ditulis juga sebagai "WHITE") adalah lagu oleh band rock asal Korea Selatan CNBLUE. Singel ini dirilis pada tanggal 8 April 2015, sebagai singel kesembilan mereka di bawah Warner Music Japan dan singel keduabelas mereka secara keseluruhan di Jepang. Lagu ini disusun oleh gitaris Lee Jong-hyun ditengah-tengah konser CNBLUE 2014 Arena Tour "Wave". Lagu ini ditulis oleh anggota band Lee Jong-hyun dan Jung Yong-hwa, sebagai tambahan juga miwa. Menggambarkan pesan dari harapan, "White" menggabungkan gaya band rock dan menambahkan synthesizer untuk membuat suara yang berbeda dari pekerjaan-pekerjaan band ini sebelumnya.

Singel ini dirilis dalam empat edisi: Edisi Reguler, Edisi Terbatas A dan B, dan Edisi Khusus hanya untuk penggemar Boice. "White" memulai debutnya di Oricon Singles Chart mingguan pada posisi nomor empat dan terjual sebanyak 28,000 kopi sejak singel ini dirilis. Band ini memulai CNBLUE Spring Live 2015 "White" arena tour, di mana mereka mengadakan tiga konser di Osaka dan Kanagawa. Pertunjukan akhir dari tur ini direkam, lalu dirilis dalam DVD dan Blu-ray langsung pada bulan Agustus 2015. "White" juga termasuk dalam album studio keenam berbahasa Jepang dari band ini Colors.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah perilisan album studio berbahasa Jepang kelima CNBLUE Wave pada bulan September 2014, anggota band Lee Jong-hyun mulai mengeluarkan ide-ide untuk merilis singel yang sedikit melenceng dari musik band. Ia berkonsultasi dengan rekan satu bandnya tentang gagasan ini, tetapi ia "tidak berpikir sangat serius tentang hal itu". Dia merasa bahwa itu adalah perkembangan alami sebagai musisi. Ia mulai mengerjakan lagu ini pada saat konser CNBLUE 2014 Arena Tour "Wave" dan melanjutkan pekerjaan dari lagu ini selama konser 2014 FNC Kingdom in Japan: Starlight, di antara berbagai kesempatan lainnya.[1] Dalam menciptakan komposisi, dia ingin menghindari membuat lebih banyak lagu sedih dan mencoba untuk membuat lagu yang lebih "menyenangkan" untuk pertunjukan langsung..[1][2] Ia pertama kali mulai memainkan bagian penuh dari singel ini dengan gitar sebelum mengimplementasikan aransemen yang berbeda dengan menggunakan komputer.[1] "White" diumukan sebagai singel CNBLUE yang kesembilan pada tanggal 7 Maret 2015, dengan tanggal perilisan pada tanggal 8 April.[3]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

"White" ditulis oleh anggota band Lee Jong-hyun dan Jung Yong-hwa, dengan tambahan penulisan lagu oleh miwa.[4] Lagu ini disusun oleh Lee Jong-hyun, Ryo, dan Go Jin-young, dan diaransemen oleh Tomozaku Miura dan Jun "Silky Voice" Inoue.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Tae, Ōmae. CNBLUE シングル『WHITE』インタビュー(インタビュー1). Excite Music (dalam bahasa Japanese). Excite Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-01. Diakses tanggal September 10, 2015. 
  2. ^ Makino, Rie (April 8, 2015). CNBLUE最新インタビュー、2015年第1弾シングル「WHITE」. EMTG Music (dalam bahasa Japanese). EMTG Company. Diakses tanggal September 10, 2015. 
  3. ^ CNBLUE、新作「WHITE」リリース&アリーナ公演. Natalie (dalam bahasa Japanese). Natasha, Inc. March 7, 2015. Diakses tanggal September 10, 2015. 
  4. ^ White (booklet). CNBLUE. Japan: Warner Music Japan. 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

"White" di YouTube