Water sanitation and hygiene (WASH)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

WASH merupakan singkatan dari Water Sanitation and Hygiene, sebuah program yang diprakarsai oleh UNICEF (United Nations Children's Fund) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak melalui layanan komprehensif di sektor air minum dan kebersihan.[1]

Asal Mula WASH[sunting | sunting sumber]

Asal mula program ini bermula dari dukungan UNICEF pada saat terjadi tsunami  Aceh tahun 2004 dan berlanjut hingga saat ini dengan memperluas jangkauan layanan ke wilayah di luar Aceh, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur. Program ini di Indonesia dikenalkan dengan nama Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL).

Sebagai bagian dari kemitraan antara pemerintah Indonesia dan UNICEF, program AMPL bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan  ibu dan anak melalui layanan komprehensif di sektor air minum dan sanitasi. Melalui Undang-undang Air untuk Dunia, pemerintah Amerika Serikat juga membantu memperbaiki kondisi WASH di Indonesia, sebagai negara prioritas bagi USAID (United States Agency for International Development) untuk menerima dukungan program WASH.

Program WASH[sunting | sunting sumber]

Program USAID Indonesia Urban WASH PLUS (2016 – 2021) bernilai sebesar $39,6 juta dalam jangka waktu selama lima tahun. Program ini bertujuan untuk membangun kapasitas pemerintah agar mampu meningkatkan layanan WASH yang aman. USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan lembaga pemerintah dan donor, sektor swasta, LSM,  penyedia layanan, dan masyarakat untuk memperkuat ekosistem WASH secara keseluruhan di  perkotaan Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ admin (2021-04-13). "WASH Bantu Tingkatkan Sanitasi - Airkami.id". Air Kami (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-24.