Warcisław VI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Warcisław VI dari Pommern
Kelahiran1345
Kematian13 Juni 1394
Klępino Białogardzkie
AyahBarnim IV
IbuSophie dari Werle
PasanganAnna dari Mecklenburg-Stargard
Anak
Rincian

Warcisław VI dari Pommern (1345 – 13 Juni 1394) merupakan seorang anggota dari Wangsa Griffin. Dari tahun 1365 hingga 1377, ia memerintah Pommern-Wolgast bersama saudaranya Bogusław VI. Dari tahun 1377 hingga kematiannya, ia menjadi penguasa tunggal Pommern-Barth.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Dia adalah putra sulung Adipati Barnim IV dari Pommern-Wolgast-Rügen dan istrinya, Sophie dari Werle.

Plakat di Eldena, menandai makam keluarga

Setelah kematian ayahandanya Barnim IV pada tahun 1365, Pommern-Wolgast dibagi pada tahun 1372 dalam Perjanjian Anklam ke Kadipaten Pommern-Stolp timur (dari Sungai Świna ke Sungai Łeba), diperintah oleh pamandanya Bogusław V dan barat Kadipaten Pommern-Wolgast, dikuasai bersama oleh Warcisław VI dan adiknya Bogusław VI. Pada tahun 1377, Pommern-Wolgast dibagi menjadi Pommern-Wolgast yang lebih kecil, diperintah oleh Bogusław VI, dan Pommern-Barth diperintah oleh Warcisław VI. Pada tahun 1396, Bogusław VI meninggal di Klępino Białogardzkie, tanpa ahli waris laki-laki, dan kedua bagian Pommern-Wolgast bersatu kembali di bawah Warcisław VI.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia menikahi Anne dari Mecklenburg-Stargard, putri Adipati Johann I dari Mecklenburg-Stargard. Mereka memiliki tiga orang anak:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Warcisław VI
Lahir: skt. 1345 Meninggal: 13 Juni 1394
Didahului oleh:
Barnim IV
Adipati Pommern-Wolgast
1377-1394
Diteruskan oleh:
Barnim VI