Wang Guangmei

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wang Guangmei
王光美
Istri Presiden Republik Rakyat Tiongkok
Masa jabatan
27 April 1959 – 21 Oktober 1968
PresidenLiu Shaoqi
Sebelum
Pendahulu
Jiang Qing
Pengganti
Lin Jiamei
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir(1921-09-26)26 September 1921
Tianjin, Tiongkok
Meninggal13 Oktober 2006(2006-10-13) (umur 85)
Beijing, Tiongkok
Suami/istriLiu Shaoqi
(m. 21 Agustus 1948 – 12 November 1969, kematiannya)
HubunganWang Zhichang (ayah)
Dong Jieru (ibu)
Liu Pingping (putri)
Liu Yuan (putra)
Alma materUniversitas Katolik Peking
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Wang Guangmei (Hanzi: 王光美; Pinyin: Wáng Guāngmĕi; 26 September 1921 – 13 Oktober 2006) adalah seorang politikus Tiongkok dihormati, dermawan, dan Ibu negara, istri Liu Shaoqi, yang menjabat sebagai Ketua Republik Rakyat Tiongkok dari 1959 sampai 1968.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Awal[sunting | sunting sumber]

Wang Guangmei lahir pada tahun 1921 dan dibesarkan di sebuah keluarga Tiongkok dibedakan dan menonjol. Ayahnya adalah seorang menteri dan diplomat; ibunya adalah seorang pendidik. Wang Guangmei belajar Prancis, Rusia dan Inggris, dan memperoleh gelar dalam fisika dari Universitas Katolik Peking di Beijing. Dia juga belajar di sebuah universitas misionaris Amerika. Digambarkan sebagai seorang wanita canggih, Wang Guangmei berbicara Prancis, Inggris dan Rusia. Pada pertengahan 1940-an, Wang Guangmei perjalanan ke kantor pusat Partai Komunis dalam Yan'an dan menjabat sebagai penerjemah selama upaya oleh negarawan Amerika George Marshall untuk menegosiasikan gencatan senjata antara pemerintah Nasionalis dan Pemberontak komunis. Pada kesempatan ini, ia memperoleh kekaguman dari banyak orang Amerika, yang kemudian akan memainkan peran dalam tuduhan bahwa dia adalah mata-mata Amerika.

Ada, pada usia 24, dia bertemu Liu Shaoqi, yang hampir dua kali usianya dan telah menikah lima kali sebelumnya. Selama bertahun-tahun ia menjabat sebagai sekretaris, dan ia diangkat menjadi wakil kunci Mao Zedong setelah Komunis mengambil alih kekuasaan pada tahun 1949. Pada tahun 1959, Liu bernama Ketua Negara, membuatnya orang yang paling berkuasa kedua di negara ini.

Peranan Publik[sunting | sunting sumber]

Liu Shaoqi adalah Ketua Negara (Presiden) 1959-1968, ketika ia menjadi salah satu pejabat tingkat tinggi pertama yang mengecam sebagai "antek kapitalis" dan dibersihkan oleh Ketua Mao selama Revolusi Kebudayaan. Juga, Wang Guangmei pernah dikenal di Tiongkok sebagai yang indah, mengartikulasikan, canggih pertama wanita. Pada awal 1960-an, pasangan bepergian ke luar negeri pada kunjungan kenegaraan ke Afghanistan, Burma, Pakistan dan Indonesia. Tapi pada tahun 1966, Wang Guangmei adalah bagian dari kelompok yang dibersihkan pimpinan partai Universitas Tsinghua, dan upaya menjadi bumerang ketika ia diserang oleh lawan militan yang menuduhnya sebagai kontra-revolusioner. Ini datang pada saat suaminya juga di bawah api oleh Mao dan wakilnya untuk menjadi "antek kapitalis" terkemuka.

Setelah Liu menjadi presiden pada tahun 1959, Wang menjadi pendamping diplomatik sangat terlihat kepadanya. Ini diantagonis istri Mao Jiang Qing, yang tumbuh secara politik ambisius. Wang akan kemudian dihukum untuknya perilaku diduga tidak pantas di panggung internasional. Pada tahun 1963, Wang mengenakan ketat pas gaun qipao di sebuah pesta di Indonesia yang diselenggarakan oleh Presiden Sukarno. Pada April 1967, Pengawal Merah memaksanya untuk mengenakan gaun yang sama, dengan stoking sutra, sepatu hak tinggi dan kalung mengejek terbuat dari bola ping-pong.

Lebih damagingly, Liu telah mendorong istrinya untuk terlibat dalam politik selama bingung menjelang Revolusi Kebudayaan. Pada tahun 1963 ia bergabung dengan sebuah tim kerja menyelidiki korupsi di pedesaan, masalah pemasangan setelah kegagalan 1958-1961 Lompatan Jauh ke Depan. Dan pada pertengahan 1966, ketika Pengawal Merah meletus di tempat kejadian - dan Liu dan para pemimpin lainnya menggelepar berusaha untuk memahami apa yang telah Mao dalam pikiran - dia memimpin tim kerja untuk memulihkan ketertiban di kalangan mahasiswa di Universitas Tsinghua Beijing: mereka akan menjadi nya penganiaya kepala.

Dipermalukan Ketua Liu meninggal di penjara. Wang diletakkan di bawah tahanan rumah, kemudian dipenjarakan. Keempat anaknya juga dihukum. Dipenjarakan di penjara Qincheng selama revolusi budaya, Wang disimpan dalam ketidaktahuan tentang nasib keluarganya. Setelah empat tahun anak-anaknya memetik keberanian untuk meminta Mao izin untuk melihat orang tua mereka. Melalui persetujuan singkat nya - "Ayah mereka sudah mati, tetapi mereka mungkin melihat ibu" - yang Wang belajar dari kematian suaminya. Wang menghabiskan sekitar 12 tahun penjara, dan dirilis pada tahun 1979, tepat sebelum istri Mao, Jiang Qing, seorang pemimpin dari Gang of Four, diadili dan dituduh memimpin upaya untuk menghancurkan Ketua Liu dan istrinya.

Segera, reputasi Liu direhabilitasi dan Wang menerima kompensasi untuk penderitaannya selama Revolusi Budaya. Pada tahun 1980, Wang muncul di pengadilan selama persidangan dari Kelompok Empat sebagai korban dari penuntutan Jiang Qing. Kemudian, Wang terpilih sebagai anggota tetap Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Nasional. Dia mendirikan "Harapan Project", sebuah program yang bertujuan membantu masyarakat miskin di seluruh China. Dia bahkan menyumbangkan beberapa barang antik berharga keluarganya, beberapa dating kembali ke Qing dan Song dinasti, untuk amal.

Wang meninggal pada tanggal 13 Oktober 2006, di Rumah Sakit No 305 Militer di Beijing. Pemakamannya diadakan di Pemakaman Martir Revolusioner Babaoshan di Beijing pada 21 Oktober 2006.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Wang meninggalkan seorang empat anak, beberapa di antaranya telah naik ke posisi terkemuka.

Anak sulungnya, Letnan Jenderal Liu Yuan, diangkat sebagai komisaris politik dari Akademi Ilmu Pengetahuan Militer, peringkat setara dengan menteri kabinet, menurut Reuters.

Putrinya, Liu Ting, lulus dari Boston University dan Harvard Business School dan ketua dan presiden Link Group Asia, konsultan di perusahaan keuangan.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar kehormatan
Didahului oleh:
Jiang Qing
Istri Presiden Republik Rakyat Tiongkok
1959–1968
Diteruskan oleh:
He Lianying