Walter Shewhart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Walter A. Shewhart

Walter A. Shewhart
Lahir 18 Maret 1891
New Canton, Illinois
Meninggal 11 Maret 1967 (umur 75)
Bidang physics, engineering, statistics
Institusi Western Electric
Alma mater University of Illinois, University of California, Berkeley

Walter Andrew Shewhart (18 Maret 1891 - 11 Maret 1967) adalah seorang insinyur fisika dan statistik dari Amerika , kadang-kadang dikenal juga sebagai bapak SPC (bahasa Inggris: Statistical Process Control).

Lahir dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Walter Andrew Shewhart lahir di New Canton, Illinois tanggal 18 Maret 1891, dan mengikuti pendidikan di University of Illinois sebelum mendapat gelar doktoral di bidang fisika dari University of California, Berkeley pada tahun 1917.

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Walter Andrew Shewhart mengawali kariernya dengan bekerja di Bell Labs (sekarang lebih dikenal AT&T Bell Laboratories) di bagian tehnik pengecekan pada tahun 1918. Pada saat itu bagian kualitas dalam memeriksa kualitas barang, terbatas dengan memeriksa barang yang sudah jadi, dan membuang barang yang ditemukan rusak. Pada saat itu teknisi perusahaan tersebut sedang berusaha meningkatkan ketahanan sistim transmisi telepon mereka. Karena peralatan penguat sinyal dan lainnya harus ditanam di bawah tanah, maka perlu ditemukan cara untuk mengurangi tingkat kesalahan dan perbaikan.

Tahun 1920 para teknisi sudah menyadari pentingnya mengurangi variasi di proses manufakturing. Terlebih mereka juga menyadari bahwa proses penyetelan yang berulang-ulang sebagai reaksi dari ketidaksesuaian, justru makin meningkatkan variasi dan menurunkan kualitas.

Shewhart memisahkan variasi tersebut menjadi variasi penyebap umum dan variasi penyebap khusus, dan pada tanggal 16 Mei 1924 dia menulis memo yang memperkenalkan diagram kontrol sebagai sebuah alat yang bisa membedakan kedua variasi tersebut.

George Edwards, atasan dari Shewhart mengatakan: "Shewart membuat sebuah catatan pendek, hanya beberapa halaman. Sepertiga dari catatan tersebut berisi tentang sebuah diagram yang sangat simpel, yang saat ini dikenal dengan nama diagram kontrol."[1] Shewhart menekankan pentingnya memiliki proses yang secara statistik terkontrol, yakni proses yang hanya memiliki variasi penyebap umum.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Western Electric - A Brief History". The Porticus Centre. Diakses 2009-04-10.