Wabah Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Melchiorre Gherardini, Piazza S. Babila, Milan, pada masa wabah tahun 1630: kereta berisi mayat penduduk yang mati karena wabah untuk dikuburkan.

Wabah Italia tahun 1629–31 merupakan serangkaian serangan wabah bubonik yang terjadi antara tahun 1629 hingga 1631 di Italia utara. Epidemi ini seringkali disebut sebagai Great Plague of Milan atau Wabah Besar Milan, yang merenggut nyawa sekitar 280.000 jiwa, dengan tingkat kematian tertinggi di Lombardia dan Veneto.

Berjangkitnya wabah[sunting | sunting sumber]

Prajurit Jerman dan Perancis membawa wabah tersebut ke kota Mantua pada tahun 1629, sebagai akibat dari gerakan prajurit dalam Perang Tiga Puluh Tahun (1618-1648). Prajurit Venesia kemudian terinfeksi oleh penyakit ini, dan ketika mereka mundur menuju daerah pusat dan utara Italia, mereka menyebarkan infeksi tersebut.

Pada bulan Oktober 1629, wabah ini mencapai kota Milan, pusat perdagangan Lombardia. Walaupun pemerintah kota menerapkan tindakan pencegahan seperti karantina dan membatasi akses prajurit Jerman dan perdagangan, wabah tersebut tetap menyebar di kota Milan. Pada bulan Maret 1630, wabah menyebar karena pada saat itu Milan sedang mengalami musim karnaval. Pada musim semi dan musim panas tahun 1631, Milan terkena serangan wabah gelombang kedua. Secara total, tingkat kematian di Mian mencapai 60.000 jiwa dari total penduduk 130.000

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Cipolla, Carlo M. Fighting the Plague in Seventeenth Century Italy. Madison: University of Wisconsin Press, 1981.
  • Prinzing, Freidrich. Epidemics Resulting from Wars. Oxford: Clarendon Press, 1916.