WWE Championship

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

WWE Championship adalah Gelar Dunia WWE, gelar ini dimiliki oleh promosi World Wrestling Entertainment (WWE). Gelar ini diciptakan pada tahun 1963 dari promosi WWWF dan gelar ini adalah gelar dunia pertama di sejarah WWE. WWE mempunyai dua gelar dunia, satu gelar WWE Championship ini dan satu lagi adalah World Heavyweight Championship. Sekarang gelar ini dipegang merek RAW dan gelar World Heavyweight Championhship dipegang oleh merek SmackDown.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gelar WWWF Championship diperkenalkan pada tahun 1963 dengan Buddy Rogers menjadi pegulat pertama memegang gelar ini pada tanggal 29 April. Gelar ini telah banyak berganti nama sejak promosi yang memegang gelar ini mempunyai variasi nama, seperti pada tahun 2002 ketika World Wrestling Federation (WWF) mengganti nama perusahaannya menjadi World Wrestling Entertainment (WWE).

Pindah Merek[sunting | sunting sumber]

Pada WWE Brand Extention acara WWE Draft pertahunan diadakan, WWE Draft adalah acara dimana pegulat dari merek RAW dan SmackDown tukar merek.[1] Setelah tiga tahun dipegang pada merek SmackDown, WWE Championhip pindah merek pada acara 2005 WWE Draft Lottery ketika John Cena pemegang gelar ini dipindahkan ke merek RAW sementara pemegang World Heavyweight Championship, Batista dipindahkan ke merek Smackdown.[2] Pada 11 Juni, 2006, Rob Van Dam menggunakan Kontrak Money in the Bankpada acara ECW One Night Stand untuk pertandingan gelar WWE Championship dengan melawan John Cena. Kontak itu adalah kontrak pertandingan di garansi oleh WWE, kontrak ini adalah untuk gelar WWE Championship, World Heavyweight Championship atau ECW Championship kapan saja yang pemegang pilih. Rob Van Dam mengalahkan John Cena untuk memenangkan WWE Championship membuat gelar ini pindah ke merek ECW, merek yang dibeli WWE dari World Championship Wrestling karena bangkrut. Pada 3 Juli, Edge mengalahkan John Cena dan Rob van Dam di Pertandingan Triple Threat untuk memenangkan gelar WWE Championship, membuat gelar ini kembali merek RAW karena Edge adalah pegulat dari merek RAW. Pada 2008 WWE Draft, Pemegang WWE Championship Triple H dipindahkan ke merek SmackDown.[3] Tahun depannya di acara 2009 WWE Draft, kembali ke merek RAW ketika Triple H dipindahkan ke merek RAW. Setelah WWE Elimination Chamber WWE Championship dan World Heavyweight Championship dipegang merek SmackDown karena Batista, pegulat SmackDown memenangkan gelar WWE Championship dari John Cena. Tetapi gelar ini balik ke RAW setelah John Cena mengalahkan Batista di acara WrestleMania XXVI.

Pemegang Gelar[sunting | sunting sumber]

WWE Championship diperkenalkan pada tahun 1963 dengan Buddy Rogers pemegang pertama. Sekarang telah ada 39 pegulat memegang gelar ini, dengan John cena memegang terbanyak selama tiga belas kali.[4] Bruno Sammartino memegang gelar ini selama 2,803 hari dai 17 Mei, 1963 sampai 18 Januari, 1971 membuat rekor pemegang yang paling lama. André the Giant memegang gelar ini selama sekitar 45 detik membuat rekor pemegang yang paling pendek. Randy Orton adalah pegulat yang paling muda memegang gelar ini dengan umur 24 dan Mr. McMahon adalah pegulat tertua memegang gelar ini dengan umur 54. Pemegang gelar ini sekarang Randy Orton setelah menang dari John Cena , Shamus , Christian , dan Daniel Bryan di WWE Elimination Chamber 2014 dan pemegang WWE World Heavyweight champion tetap Randy Orton setelah menang dari orang yang sama pada WWE Elimination Chamber 2014

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dee, Louie (2007-06-07). "Draft History". World Wrestling Entertainment. Diakses 2008-12-21. 
  2. ^ "2005 WWE Draft Lottery". World Wrestling Entertainment. 2005-06-13. Diakses 2008-12-21. 
  3. ^ Sitterson, Aubrey (2008-06-23). "A Draft disaster". World Wrestling Entertainment. Diakses 2008-12-20. 
  4. ^ "WWE Championship Title History". World Wrestling Entertainment. Diakses 2008-10-17. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]