Betala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Vetala)
Ilustrasi Betala sebagaimana termaktub dalam Vetala Panchavimshati, kumpulan kisah legenda dari India.

Betala (Dewanagari: वेताल; ,IASTVetāla, वेताल) atau Baitala, adalah makhluk seperti vampir dalam mitologi Hindu. Betala digambarkan sebagai roh yang merasuki mayat dan tanah kuburan. Mayat-mayat ini digunakan oleh betala sebagai "wahana" atau "sarana". Ketika dirasuki betala, mayat tidak akan mengalami pembusukan. Betala juga bisa meninggalkan mayat yang dihuninya kapan saja.

Kepercayaan Hindu[sunting | sunting sumber]

Dalam mitologi Hindu, betala adalah roh jahat yang menghantui pemakaman dan merasuki mayat. Mereka suka mengganggu manusia. Mereka juga bisa membuat orang menjadi gila, membunuh anak-anak, dan menyebabkan keguguran.

Betala adalah roh yang terperangkap antara dunia orang hidup dan dunia orang mati. Betala bisa diusir dengan mantra-mantra suci. Betala juga bisa dibebaskan dari sifat hantu mereka dengan dilakukan upacara pemakaman. Betala tidak terikat pada aturan ruang dan waktu, serta memiliki pengetahuan yang aneh mengenai masa lalu, masa kini, dan msa depan. Karena kemampuannya itu betala sering dimanfaatkan oleh para dukun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]