Veronika Memutuskan Mati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Veronika Memutuskan Mati
Veronika Memutuskan Mati.jpg
Sampul edisi bahasa Indonesia
Pengarang Paulo Coelho
Judul asli Veronika decide morrer
Negara Brasil
Bahasa Portugis (asli)
Tanggal rilis 1998
Jenis media Cetak (sampul keras, sampul biasa)
Halaman 210 halaman
ISBN 0-06-095577-5
Nomor OCLC 47204184

Veronika Memutuskan Mati (bahasa Inggris: Veronika Decides to Die; bahasa Portugis: Veronica decide morrer) adalah novel karya Paulo Coelho. Novel ini mengisahkan tentang seorang gadis Slovenia berusia 24 tahun bernama Veronika, yang memiliki segalanya dalam hidupnya, namun memutuskan untuk bunuh diri. Sebagian kisah novel ini didasarkan pada pengalaman Coelho saat berada di rumah sakit jiwa, yang berkisah mengenai kegilaan. Tema utama dari novel ini adalah mengenai "kegilaan kolektif yang disebut kewarasan".

Veronika Memutuskan Mati telah di adaptasi menjadi pertunjukan teater beberapa kali, dan juga digunakan dalam beberapa referensi artistik.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Veronika adalah seorang gadis muda yang cantik dari Ljubljana, Slovenia. Ia memiliki kehidupan yang sempurna dan memiliki segalanya, tapi memutuskan untuk bunuh diri dengan cara menelan banyak pil tidur. Sambil menunggu kematiannya, ia memutuskan untuk membaca sebuah majalah.

Setelah melihat sebuah artikel di majalah tersebut yang menanyakan "Di mana Slovenia?", ia memutuskan untuk menulis sebuah surat kepada media hanya untuk memberitahu kasus bunuh dirinya; ide untuk membuat media mempercayai bahwa ia telah bunuh diri supaya orang-orang tahu di mana Slovenia berada. Rencananya gagal, dan ia terbaring di Vilette, sebuah rumah sakit jiwa di Slovenia, dan mengetahui bahwa ia hanya memiliki waktu beberapa hari untuk hidup.

Kehadirannya di sana turut mempengaruhi semua pasien di rumah sakit jiwa, terutama Zedka, yang mengidap depresi klinis; Mari, yang menderita serangan panik; dan Eduard, yang mengidap skizofrenia, dan kepada Eduard-lah Veronika jatuh cinta. Selama terkurung di Villete, Veronika menyadari bahwa ia tidak memiliki siapapun dan oleh karena itu ia bisa melakukan apapun yang ia inginkan tanpa harus mengkhawatirkan orang lain. Selain itu, sebagai pasien rumah sakit jiwa, ia menganggap bahwa orang lain tak akan mengkritik dirinya atas apa yang ia lakukan. Didorong oleh hal ini, Veronika mengalami hal-hal baru yang belum pernah ia alami sebelumnya, termasuk dihinggapi oleh perasaan benci dan cinta.

Tema[sunting | sunting sumber]

Veronika Memutuskan Mati adalah novel tentang pencarian makna hidup dalam masyarakat yang terbelenggu rutinitas tanpa jiwa dan takluk terhadap tekanan sosial. Dengan tokoh utama Veronika, seorang gadis yang berusaha bunuh diri, Paulo Coelho mengisahkan individu-individu rapuh yang terlempar ke rumah sakit jiwa karena hasrat, impian, dan sikap hidup mereka berbeda dengan yang dianggap normal oleh masyarakat. Lewat novel ini Coelho mengajukan pertanyaan yang tajam: "Apakah sesuatu dianggap normal melulu karena diikuti oleh mayoritas?" Ditulis dengan bahasa sederhana, dan di sana-sini disertai uraian dari sudut pandang psikiater dan spiritual, novel ini merenungkan kembali semua hal yang selama ini disebut normal dan gila dalam masyarakat.[1]

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Penerbit Muara]
  2. ^ freecastingcall.com
  3. ^ link.brightcove.com
  4. ^ Fleming, Michael (May 16, 2008). "Das Films teams for adaptation". Variety. Diakses May 17, 2008. 
  5. ^ "Cinema Topics Online". Diakses September 20, 2008.