Venerable Order of Saint John

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ordo St. Yohanes, singkatnya Ordo Paling Mulia dari Rumah Sakit Santo Yohanes Yerusalem (Bahasa Prancis: l'ordre très vénérable de l'Hôpital de Saint-Jean de Jérusalem) dan juga dikenal sebagai St John International, adalah ordo kebangsawanan kerajaan Inggris yang dibentuk pada tahun 1888 melalui piagam kerajaan dari Ratu Victoria dan didedikasikan untuk Santo Yohanes Pembaptis.

Asal-usul ordo ini dapat ditelusuri kembali ke Kesatria Hospitaller di Abad Pertengahan, yang kemudian dikenal sebagai Ordo Malta. Fraksi dari mereka muncul di Prancis pada tahun 1820-an dan pindah ke Britania pada awal tahun 1830-an, di mana, setelah beroperasi di bawah sejumlah prior agung dan nama yang berbeda, ordo ini terkait dengan pendirian pada tahun 1882 dari Rumah Sakit Mata St John dekat kota tua Yerusalem dan Brigade St John Ambulance pada tahun 1887.

Ordo ini ditemukan di seluruh Persemakmuran Bangsa-Bangsa, Hong Kong, Republik Irlandia, dan Amerika Serikat, dengan misi global "mencegah dan meringankan penyakit dan cedera, dan bertindak untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang di mana saja di dunia." Anggotanya, sekitar 25.000 orang yang dikenal sebagai confrères, sebagian besar beragama Protestan, meskipun mereka dari denominasi Kristen lain atau agama lain diterima dalam ordo ini. Kecuali melalui penunjukan ke beberapa jabatan pemerintah atau gerejawi di beberapa wilayah, keanggotaan hanya melalui undangan dan individu tidak boleh mengajukan permohonan untuk diterima.

Ordo St. Yohanes mungkin lebih dikenal karena organisasi kesehatan yang didirikannya dan terus dijalankannya, termasuk St John Ambulance dan St John Eye Hospital Group. Seperti ordo, keanggotaan dan pekerjaan organisasi ini tidak terbatas oleh denominasi atau agama. Ordo ini adalah anggota konstituen dari Aliansi Ordo Santo Yohanes Yerusalem. Markasnya berada di London dan merupakan badan amal terdaftar di bawah hukum Inggris.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]