Varietas (botani)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam pengertian botani varietas adalah suatu peringkat taksonomi sekunder di bawah spesies[1]. Peringkat sekunder lain di bawah spesies adalah forma. Suatu varietas menunjukan penampilan yang khas berbeda dari varietas lain, tetapi akan bersilang dengan bebas terhadap varietas lainnya (jika dilakukan kontak dengannya). Penulisan nama varietas dicetak miring (atau diberi garis bawah jika tulisan tangan) dan didahului dengan singkatan "var." Contoh: Oryza sativa var. indica.

Perlu disadari bahwa varietas dalam pengertian botani tidak sama dengan pengertian varietas untuk tanaman budidaya. Bagi tanaman budidaya, istilah "varietas" merupakan variasi tidak resmi atau kolokial bagi kultivar. Sering sekali apa yang ditulis atau disampaikan sebagai "varietas", khususnya apabila menyangkut suatu populasi hasil pemuliaan tanaman, sebenarnya adalah kultivar. "Kekacauan" semacam ini sangat umum dalam literatur mengenai serealia, anggur, dan tanaman non-hortikultura. Varietas dalam pengertian botani dapat mencakup satu atau banyak kultivar. Sebagai contoh, 'IR64' bukanlah varietas dalam pengertian botani, melainkan suatu kultivar padi, meskipun orang menyebutnya "varietas 'IR64'". Apabila dilihat dari penampilannya, 'IR64' lebih dekat kepada ciri-ciri varietas (botani) indica meskipun sesungguhnya ia memiliki moyang padi japonica.

Dalam taksonomi tumbuhan, spesies merupakan unit terkecil dalam hierarki klasifikasi. Semua anggota spesies yang sama dapat secara alamiah saling kawin dan menghasilkan keturunan. Namun demikian, sejumlah spesies tertentu memiliki variasi internal yang sangat jelas. Untuk itu dibuat sejumlah takson infraspesies (di bawah spesies). Aturan dan definisi mengenai taksonomi tumbuhan ditentukan dalam "Aturan Internasional bagi Tatanama Botani" [2]. Peringkat varietas tidak langsung berada di bawah subspesies. Varietas adalah peringkat infraspesies sekunder, sedangkan subspesies adalah peringkat infraspesies tambahan. Varietas dapat memiliki subvarietas sebagai peringkat tambahan.

Varietas hanya dikenal dalam taksonomi tumbuhan. Taksonomi hewan hanya mengenal subspesies sebagai peringkat takson di bawah spesies.

Catatan tambahan dan rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]