Valensi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pengertian Valensi[sunting | sunting sumber]

kata valensi berasal dari kata latin valentia, yang berarti kekuatan atau kapasitas, dan ini berkaitan dengan gabungan kekuatan dari satu unsur. valensi suatu unsur adalah jumlah ikatan yang akan dibuat oleh unsur tersebut.bilangan ini biasanya sesuai dengan jumlah elektron yang diperlukan untuk megisi kulit valensinya. valensi (valence) suatu unsur pada hakikatnya ialah jumlah ikatan yang dapat dibentuk oleh atom dari unsur itu. angkanya biasanya sama dengan banyaknya elektron yang diperlukan untuk melengkai kulit valensinya. banyaknya elektron valensi dan valensi yang umum untuk beberapa unsur berbeda-beda. misalnya oksigen memiliki 6 elektron valensi tetapi valensinya hanya 2. jumlah kedua bilangan ini sama dengan banyaknya elektron dalam kulit yang terisi penuh. valensi pada H, C, N, O, F, Cl berlaku pada ikatan tunggal, rangkap dua, atau rangkap tiga. misalnya karbon mempunyai empat ikatan di setiap struktur metana, tetra klorometana, etana, etuna, karbondioksida dan seterusnya. valensi yang sering dijumpai inisebaiknya diingat, sebab ini akan membantu anda untuk menulis struktur dengan benar.

Teori Ikatan Valensi[sunting | sunting sumber]

teori ikatan valensi dapat digunakan untuk menerangkan pembentukan ikatan ionik (ikatan elektrovalen). konfigurasi teori ikatan valensi Li dan F :

konfigurasi elektron unsur Li

Li3 : 1s22s1 → 1e- +1s2 ; Li+

Li memiliki elektron valensi satu yang terletak pada orbital 2s. Li bersifat elektropositif dan dapat melepaskan elektron valensinya. setelah Li melepaskan elektron valensinya, maka Li yang semula bermuatan netral akan berubah menjadi ion yang bermuatan positif. sekarang ion Li+ memiliki konfigurasi elektron gas mulia He, yang disebut memiliki sistem dublet.

konfigurasi elektron unsur F

F9 :1s22s22px2 2py22pz1 + 1e- →1s22s22px22py22pz2;F

F memiliki elektron valensi tujuh yang terdistribusi pada orbital 2s22px2 2py22pz1 . F bersifat elektronegatif dan elektron yang dilepas oleh Li akan ditangkap, kemudian masu ke orbital 2pz1 yang memuat satu elektron yang belum berpasangan. penangkapan satu elektron akan mengakibatkan F dalam kulit luarnya penuh 8 elektron. florida sekarang menjadi ion yang bermuatan negatif dan memiliki konfigurasi elektron gas mulia Ne. konfigurasi elektron gas mulia Ne disebut memiliki sistem oktet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sastrohamidjojo,hardjono.2011.Kimia Organik Dasar.Bulaksumur Yogyakarta.Gadjah Mada University Press

Hart,harold.1983.Kimia Organik Suatu Kuliah Singkat edisi Keenam.Jakarta.Erlangga

Hart,harold.2003.Kimia OrganikKuliah Singkat edisi Kesebelas.Jakarta.Erlangga