VHDL

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

VHDL (VHSIC Hardware Description Language) ; VHSIC (Very High Speed Integrated Circuit) merupakan salah satu jenis bahasa HDL yang digunakan untuk mendeskripsikan berbagai fungsi rangkaian digital seperti FPGA (Field-programmable Gate Arrays), Gerbang logika, Flip-flop, dan sebagainya. VHDL juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk simulasi rangkaian dari komponen-komponen digital. HDL (Hardware Description Language) digunakan perancang perangkat keras (hardware) untuk menuliskan sifat, sinyal dan fungsionalitas deskripsi berbasis hardware dari suatu rangkaian. Pendekatan transistor digunakan oleh perancang yang bekerja pada tingkat gerbang (gate level) dan transistor. Perancang mengaplikasikan rancangannya dalam software pada tingkat abstraksi yang lebih tinggi. Metodologi ini dipadukan dengan tool sintesis untuk menterjemahkan dan mengoptimalkan deskripsi dari suatu rancangan. Mesin sintesis digunakan untuk memetakan rancangan bagian fisik, seperti application specific integrated circuit (ASIC) atau field programmable gate array (FPGA). Meskipun kemampuan fitur yang terdapat pada pendekatan ini mampu digunakan, namun hardware description language (HDL) belum dapat diterima secara luas karena banyak rancangan yang menggunakan ukuran dan kompleksitas rancangan dapat diselesaikan menggunakan masukan skematik dan banyak perancang kurang mengenal HDL.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

VHDL awalnya dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat berdasarkan perintah untuk mendokumentasikan perilaku ASIC pada tahun 1980-an.

Link[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.